MENAKAR KEPEKAAN HATI

MENAKAR KEPEKAAN HATI

Kepekaan hati adalah sebuah harta yang mahal harganya. Apalagi kalau carinya di kota besar, kepekaan hati seperti harta karun yang dicari oleh hanya segelintir orang lantaran hanya sedikit saja yang percaya dengan keberadaan kepekaan hati dan manfaatnya.

Menjabarkan arti kepekaan hati juga – buat saya – sulit. Memikirkannya saja agak berat apaplagi kalau mesti memahaminya. Uh! Buang-buang waktu aja!

Tapi tiba-tiba saya terpaksa mau memikirkannya ketika beberapa potongan kisah hidup saya dihampiri oleh manusia-manusia yang rupanya pada saat-saat tertentu dijadikan tamu untuk mengetuk kelembutan hati saya. Saya dengan terpaksa pula membiarkan hati saya digedor-gedor demi membuktikan hati saya masih mempan disebut peka.

Malam-malam tiap jam 10:00 WIB ada seorang lelaki usia paruh baya yang selalu lewat depan pagar. Dia berprofesi tukang pijat keliling yang membawa kaleng berisi entah kelereng entah kerikil sebagai tanda kedatangannya. Saya pernah meminjam jasanya keitika pergelangan kaki saya terkilir. Tetangga-tetangga saya juga. Sekali tugas beliau mendapat bayaran ala kadarnya. Tidak ada patokan harga; seikhlasnya saja: ada yang kasih 15ribu, 20ribu, yang paling sering 10ribu.

Lama-lama kami mengenalnya dengan cukup baik karena memang si bapak ini memiliki kepribadian yang cukup hangat. Beliau tidak banyak bicara tapi senyumnya selalu terpasang. Mata teduhnya – yang menurut saya merangkum kehidupan yang berat – membuat kami memandangnya dengan rendah hati juga. Dari seorang ibu kami tahu bahwa sebenarnya belaiu masih punya keluarga di kampung sekitar pantai selatan. Beliau harus meninggalkan mereka untuk “cari uang” demi anak dan cucunya yang masih juga tergantung padanya yang penghasilannya juga tak sampai sejuta sebulan.

Kata si ibu itu si bapak paruh baya sering berpuasa ketika uangnya hanya cukup untuk dikirim ke kampung. Beliau sendiri kontrak rumah ramai-ramai bersama tukang pijit lain yang umumnya masih jauh lebih muda. namun kami sering menjumpainya “pulang” ke mushola di ujung gang. Beliau tidur di teras masjid. Tiap ditanya beliau hanya menjawab,”Orang tua sih manja. Maunya tidur tenang. Makanya saya mengalah saja sama yang muda-muda. Biarkan mereka menikmati masa mudanya.”

Ada sebuah kebiasaan yang sangat saya perhatikan dari si bapak ini. Ada kalanya si bapak sudah lewat depan rumah saat jam mennunjukkan pukul 7:00 WIB. Rupanya itu terjadi apabila sepi pelanggan.

Sudah sebulan ini si bapak lewat depan rumah tiap jam 7:00 WIB, bahkan tak jarang saya lihat beliau bersila di mushola saat gerimis datang.

Saya ingat pada almarhum bapak saya yang pendiam, senyumnya hangat, matanya ramah. Si bapak ini makin kurus saja ya, kata ibu tetangga. Saya mendengar anak tetangga berujar bahwa bapak ini sedang banyak puasa karena sedang mengirit, yang pijit sudah makin berkurang.

“Tukang-tukang pijat yang muda-muda udah pada pulang kampung makanya dia gak punya kontrakan lagi. Katanya sih mau gabung sama mang Kosim dan tukang becak lain. Tapi gak tahu juga sih soalnya minat pijat makin rendah. Makin banyak panti pijat kali ya, Rik? Tahu sendiri di mal-mal ada kursi pijat bayar cuma 10ribu. Tapi kalau pulang kampung gimana, sawahnya udah digade, gak ada uang untuk nebus.”

Saya hanya tertegun. Dari arah mushola saya melihat si bapak bergegas akan melanjutkan pekerjaannya. Beliau berjalan melewati kami. Senyumnya tetap hangat. Matanya makin cekung karena kekurusan dan beban hidupnya. Saya tak tega melihatnya. Saya bingung mau bagaimana. Kalau hanya memberi uang atau sesuatu, saya takut beliau tak enak hati. Kalau minta pijat dulu, saya tidak sedang keseleo. Maka saya hanya melihatnya berlalu sembari menjawab salamnya.

“Pak!”

“Iya, Neng?”

“Dua hari lagi ke rumah saya ya.”

“Ada yang mau dipijit, Neng?”

“Mmm… enggak, Pak. Ada titipan dari bapak saya.”

“Baik, insya Allah.”

Saya tunggu-tunggu si bapak tak pernah datang ke rumah. Saya tidak tahu bagaimana kabar beliau. Yang saya rasakan hanya satu. Kepekaan hati saya masih terhalang rasa tak enak. Kepekaan hati saya belum hidup karena masih menerapkan alasan kepantasan. Kepekaan hati saya masih belum teruji karena masih menunggu 2 x 24jam.

Kepekaan hati ini ada dimana ya? Bagaimana bentuknya ya? Apakah masih ada yang memilikinya setiap saat? Tanpa menunggu 2 hari lagi? Masihkah aku terampuni…

Saya masih tetap berpesan kepada Mang Kosim supaya meminta si bapak tukang pijit untuk datang mengambil titipan dari bapak saya. Mungkin bapak saya marah-marah karena anaknya yang bodoh ini mencatut namanya. Ah, untuk melakukan hal baik saja saya harus mencatut nama, tak heran ya jika ada orang mencatut nama orang untuk berbuat jahat.

Saya memang berencana memberikan semua baju almarhum bapak kepada si bapak tukang pijit ini. Saya masih menyimpan beberapa lembar di lemari saya.

10 responses

  1. dewiekha said: hmmm…zaman sekarang semakin sulit menemukan kepekaan hati seperti mbak, pertahankan teruz mbak…

    Mbak Dewi justru kepekaan hati saya ini dipertanyakan. makanya saya sedih karena merasa gak punya rasa welas asih yang tajam.semoga masih bisa lebih baik ya. amin…

    Like

  2. dewiekha said: hmmm…zaman sekarang semakin sulit menemukan kepekaan hati seperti mbak, pertahankan teruz mbak…

    bagaimana hari ini, sudah bertemu dengan Beliau, bapak tukang pijat itu?Kadang keraguan suka menyertai tindakan baik, tapi tak berarti kamu gak peka (malah mungkin kadang2 terlalu peka, makanya mau berbuat kebaikan aja takut menyinggung orang), Ke. Mudah2an lain kali tak ragu lagi, cobalah sebentar bayangkan dirimu jadi Bapak itu, saat mendapatkan uang sepuluh ribu, insya Allah Beliau tak tersinggung.. Rike juga mungkin punya banyak kalimat ‘halus’, sehingga Beliau akan dengan senang hati menerima pemberian darimu. Kalo merasa tak punya kalimat yang tepat, karena Rike, masih sering memikirkan perasaan orang menggunakan kacamata sendiri 😉 I’m here for you 😀

    Like

  3. evelynrar said: bagaimana hari ini, sudah bertemu dengan Beliau, bapak tukang pijat itu?Kadang keraguan suka menyertai tindakan baik, tapi tak berarti kamu gak peka (malah mungkin kadang2 terlalu peka, makanya mau berbuat kebaikan aja takut menyinggung orang), Ke. Mudah2an lain kali tak ragu lagi, cobalah sebentar bayangkan dirimu jadi Bapak itu, saat mendapatkan uang sepuluh ribu, insya Allah Beliau tak tersinggung.. Rike juga mungkin punya banyak kalimat ‘halus’, sehingga Beliau akan dengan senang hati menerima pemberian darimu. Kalo merasa tak punya kalimat yang tepat, karena Rike, masih sering memikirkan perasaan orang menggunakan kacamata sendiri 😉 I’m here for you 😀

    belum, Mbak. udah tak pesenin sama bapak-bapak tukang becak lagi tuh. udah lama gak kedengaran kalengnya kencleng-kencleng juga.iya nih, Mbak. kacamataku memang kadang terlalu “berfungsi”. ini sedang cari kacamata yang tanpa warna aja biar dunia tampak seperti adanya…makasih udah bersedia menemani ya Mbak Evelynrar. sukses selalu 🙂

    Like

  4. evelynrar said: bagaimana hari ini, sudah bertemu dengan Beliau, bapak tukang pijat itu?Kadang keraguan suka menyertai tindakan baik, tapi tak berarti kamu gak peka (malah mungkin kadang2 terlalu peka, makanya mau berbuat kebaikan aja takut menyinggung orang), Ke. Mudah2an lain kali tak ragu lagi, cobalah sebentar bayangkan dirimu jadi Bapak itu, saat mendapatkan uang sepuluh ribu, insya Allah Beliau tak tersinggung.. Rike juga mungkin punya banyak kalimat ‘halus’, sehingga Beliau akan dengan senang hati menerima pemberian darimu. Kalo merasa tak punya kalimat yang tepat, karena Rike, masih sering memikirkan perasaan orang menggunakan kacamata sendiri 😉 I’m here for you 😀

    tengkyuu n have a nice day..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Penumbra Haiku

..... Just ....... Haiku .....

ram H singhal

Journey of Creative Enlightenment

Flora Fiction

A Creative Space

tinytotspoetry

Aspiring to be the best at writing. Poetry lover, haiku and free verse to be precise, I hope to one day master

myScribbles

Absent-minded musings

ZERLIN

REALIZING LIFE GOALS

Melody Chen

Word-Experimentalist

Den of Dreams

Creativity Is a Wild Thing

Daydreaming as a profession

Just writing some poems. No pics, no GIFs, no vids. Keeping it simple.

Pee Kay

voice_of_the_pen

The Broken Specs

Here's To Express.. :)

Indonesia Labour Database

Knowledge is Power

Light Play ~ Revitalize

we are fish that play in a sea of light

Cooking

recipes, tips & ideas

Simplify Tasks

Want to learn the simple way?

myvvoice

Escaping reality or facing reality.

The BELOVED

Our hearts are home, secured in God's Love. Find Hope and Encouragement in The LORD, The HOLY BELOVED.

thoughts and entanglements

A collective of poems and photos. All photos taken by me unless stated otherwise.

Rusted Honey

Poetry, haiku, tanka, and micropoetry

OwnShadow

Looking for people to share the written word

Madamsabi's Blog

Coffee For The Mind, inspiration for the soul!

unbolt me

the literary asylum

THE RIVER WALK

Daily Thoughts and Meditations as we journey together with our Lord.

Inner Peace

True wealth is the wealth of the soul

Luna

Pen to paper.

(Metanoia)

Fan of GOD

The Art of Blogging

For bloggers who aspire to inspire

Verona

- Renee verona -

Bombay Ficus

Running, Writing, Real Life Experiences & Relatable Content.

Learning to write

Just your average PhD student using the internet to enhance their CV

a.mermaid'spen_

graphs of my Universe

New Lune

A blog full of tips, inspiration and freebies!

Belajar Numerik Al Quran

Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran? (Al Qamar 22, 32, 40)

chipping in

listen, and keep it clean

Shanmugam's Blog

Articles on Spirituality. Psychology, Mindfulness, Spiritual Enlightenment & a Collection of my Poems.

niaART

If you are always trying to be normal, you will never know how amazing YOU can be. Maya Angelou

WordPress.com Apps

Apps for any screen

Poetry and Prose

From soul to soul

Eden Hills

My Life on the Farm

Mlathi Wulung

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

Dread Poets Sobriety

Irreverence's Glittering New Low!

Asosiasi Mahasiswa Pecinta Literasi

Nge-literasi atau terjajah selama-lamanya?

Alifis@Corner

Apa adanya, selaraskan akal dan hati

bibilintikan

just a little nod in the ocean

Chez Lorraine

A journal of an Indonesian in The Netherlands

%d bloggers like this: