September 3, 2008
rike jokanan

6 comments

SENYUMKU NYANGKUT DI GIGI

SENYUMKU NYANGKUT DI GIGI

Senyummu untuk saudaramu adalah ibadah, begitu kira-kira terjemahan bebas dari sederet kata arif Sang Nabi. Kalimat mini ini terdengar enteng di telinga. Apa sih susahnya senyum, cukup dengan menarik otot bibir sedikit jadi sudah. Menurut para ahli ototologi (ahli otot ha ha ha) manusia menggerakkan lebih sedikit otot ketika tersenyum dibanding dengan ketika mereka cemberut marah. Otomatis jika Anda tersenyum, akan hemat energi. Jika hemat energi, akan hemat biaya. Jika hemat biaya, …

Pasalnya senyum BUKAN urusan otot. Senyum adalah urusan hajat hidup yang sesekali (singkatan dari sering sekali J) membutuhkan usaha keras untuk mewujudkannya. Seperti kali ini.

Sejak beberapa waktu lalu kami dijanjiin hadiah outing ke kantor pusat karena tim kami disini mencetak prestasi yang ngedap-edapi (mengagumkan, Bahasa Jawa). Tentu kami bersuka cita, paling tidak paspor kami tidak menganggur lagi. Yang bikin optimis adalah sudah ada pembagian siapa bakal sekamar dengan siapa. Tapi ada satu orang yang hobi konyolnya adalah mematahkan semangat orang dengan kalimat “dream on, dream away, lu pade ntar juga memble”.

“Ih, Cik. Optimis dikit po-o”.

“Heleh udah bayak bukti. Mbot gak jadi ke UK. Training Vietam, mana? Outing per trimester mana? Mention others. Dream on, daaah”, sergah Cik Yen jenaka.

Waktu berlalu, monthly meeting tiba dan Pak Bos berkenan berpidato blah blah blah, target ini, kenapa ini, kenapa itu, jangan begini, mesti begitu dan pengumuman penting pun tercetus.

“Kita mesti bentuk panitia kecil nih.”

Semua terlonjak teringat harapan kecil kami.

“Quality Summit di Indonesia nih, yang datang sekitar 50 orang termasuk dari Philippines. Saya sudah hubungi tiga hotel, tinggal nunggu hasil aja. Kalian arrange acara hari ketiga ya, mereka maunya semua serba a la Indonesia, blah blah blah…”

JEGGER!!!

QA Summit di Indonesia? Jadi disini? Jadi kami tidak jadi dapat hadiah jalan-jalan? Jadi lagi-lagi bule-bule jangkung itu yang jalan-jalan? Jadi kerja yang katanya brilliant itu mau dihadiahi dengan kunjungan lagi? Tim Philippines yang anak bawang dan kadang bikin kita disini kalang kabut itu malah dikaruniai kesempatan ini??? Jadi…

Tidak satu pun dari kami menyambut tawaran menjadi panitia. Buktinya Pak Bos tidak berani memaksa. Tandanya lonceng perasaan bersalah berdentang keras tapi seperti biasa orang gedean kena sindrom gengsi minta maaf. Hanya satu orang yang bisa menegakkan leher ketika keluar dari ruang rapat. Siapa lagi kalau bukan Cik Yen. Kerudung kaosnya berkibar-kibar seperti semangatnya yang tak pernah surut. Sepatu kets-nya berdecit-decit bersaing dengan geraman sepatu keds saya.

Kami menekuri pekerjaan kembali. Tugas masih sak dabres (banyak, bahasa Jawa). Senyum kami enggan berkembang, rencana jalan-jalan gratis pupus dan layu, kalau mau jalan berarti rogoh kocek sendiri. Bos pun untuk sementara tak kami hiraukan. Nanya tetek bengek dijawab garing. Akhirnya dia bete sendiri dan berlalu ha ha ha…

Mana lagi senyum ibadah itu? Senyumku nyangkut di gigi. Gemeletuk menyedot energi.

August, 2008 (tough week)

6 thoughts on “SENYUMKU NYANGKUT DI GIGI

  1. aku melu mringis wae, yo?

    Like

  2. demitmp said: aku melu mringis wae, yo?

    yo wis, mringismu nyangkut dimana? wekekek…

    Like

  3. demitmp said: aku melu mringis wae, yo?

    Ah, nikmati sajalah:-))

    Like

  4. agripzzz said: Ah, nikmati sajalah:-))

    ho-oh, Gripzzz. lha mau gimana lagi. daripada sakit hati gak jelas mending senyum-senyum aja.*cubit gemes Agripzzz*

    Like

  5. agripzzz said: Ah, nikmati sajalah:-))

    ayo senyum… lebih cape cemberut daripada senyum… and pasti lebih cantik hi..hi..

    Like

  6. atiggna said: ayo senyum… lebih cape cemberut daripada senyum… and pasti lebih cantik hi..hi..

    sip, ntar jalan-jalan sendiri ajah he he he…

    Like

Leave a Reply

Required fields are marked *.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: