ULANG TAHUN DAN PERAYAAN

ULANG TAHUN DAN PERAYAAN

Hari ini saya berulang tahun. Satu tahun lagi usia angka saya bertambah. Dan satu lagi kesempatan untuk melanjutkan hidup ini berkurang. Secara umum, saya tidak merasa hari ini spesial namun ada sesuatu juga akhirnya yang mau tak mau harus saya renungkan diantaranya kenyataan bahwa makin hari saya makin tua dan tanggung jawab untuk bersikap dewasa semakin terasa. Saya tidak boleh tergantung kepada orang lain dalam membuat keputusan. Dan, saya harus mampu mengoptimalkan hidup saya sebagai wahana menjadi manusia yang berguna demi keseimbangan semesta.

Selain itu, tiba-tiba saya tergelitik oleh perayaan ulang tahun yang diidentikkan dengan pesta lengkap dengan kue ulang tahun dan ritual peniupan lilinnya.

Dalam catatan di tabloid NOVS, 679/XIV, 4 Maret 2001, disebutkan bahwa ternyata tradisi ulang tahun sudah ada di Eropa sejak berabad-abad silam. Orang-orang pada zaman itu percaya, jika seseorang berulang tahun, setan-setan berduyun-duyun mendatanginya. Nah, untuk melindunginya dari gangguan para makhluk jahat tersebut, keluarga dan kerabat pun diundang untuk menemani, sekaligus membacakan doa dan puji-pujian bagi yang berulang tahun. Pemberian kado atau bingkisan juga dipercaya akan menciptakan suasana gembira yang akan membuat para setan berpikir ulang ketika hendak mendatangi orang yang berulang tahun. Hmm.. ini memang warisan zaman kegelapan Eropa. Berdasarkan catatan tersebut, awalnya perayaan ulang tahun hanya diperuntukkan bagi para raja. Mungkin, karena itulah sampai sekarang di negara-negara Barat masih ada tradisi mengenakan mahkota dari kertas (berwarna emas atau perak) pada orang yang berulang tahun. Namun seiring dengan perubahan zaman, pesta ulang tahun juga dirayakan bagi orang biasa. Bahkan kini siapa saja bisa merayakan ulang tahun.

Konon tradisi kue ulang tahun bermula dari bangsa Yunani yang membuat kue berbentuk bulat sebagai simbol bulan purnama untuk Dewi Artemis yang mereka percaya sebagai dewi bulan, kemurnian, perburuan, pelindung kelahiran, dan binatang buas. Artemis memiliki saudara kembar yaitu Apollo (dewa matahari). Dia disebut dewi kelahiran karena dialah yang membantu ibunya dalam kelahiran saudara kembarnya yang lahir sebulan setelah kelahirannya. Orang Yunani kemudian meletakkan beberapa lilin diatas kue, agar kue tersebut bersinar layaknya bulan sungguhan.

Seiring perputaran waktu, bangsa Jerman memprakarsai pembuatan kue tar lapis yang manis dan berhiaskan hiasan dari gula yang cantik. Berbeda dengan bangsa Yunani yang meletakkan lilin diatas kue, orang Jerman yang terkenal sebagai pembuat lilin handal ini hanya meletakkan sebuah lilin ukuran besar di tengah kue. Hal ini menyimbolkan cahaya kehidupan, meniup lilin tersebut akan membawa setiap permintaan ke surga. Konon permintaan itu akan terkabul bila berhasil memadamkan api dalam sekali tiup.

Oh… Begitu to…

Informasi diatas tidak membuat saya alergi terhadap perayaan ulang tahun lho… saya adalah pribadi yang terbuka. Buat saya, segala yang terwujud dan terindera dapat kita pandang sebagai esensi yang benar dengan kekuatan jiwa kita sebagai anugrah Yang Kuasa.

Mau tiup lilin, mau potong tumpeng, mau traktiran makan, mau merenung menyendiri, mau apa kek asalkan tidak merusak itu sah-sah saja. Bukankah tujuan ulang tahun adalah memperingatkan kita bahwa usia kita bertambah dan tanggung jawab kita bertambah maka kedewasaan kita wajib bertambah. Yang akan datang akan selalu berbeda dan semoga membuat kita pribadi yang makin kaya.

Kalaupun saya harus menghitung usia, itu semata-mata karena secara hukum saya harus tahu kapan saya lahir. Sedangkan jiwa saya tak terlalu butuh berulang tahun. Jiwa saya akan hidup selamanya baik dengan atau tanpa raga saya.

Terima kasih kepada kerabat dan sahabat yang telah mewarnai hidup saya sehingga menjadi lukisan terindah yang pernah saya miliki.

23 thoughts on “ULANG TAHUN DAN PERAYAAN

  1. aigle07 said: From Belgium # a very happy birthday to you with all our best wishes#, Amin.

    Yang terpenting di dalam ulang tahun adalah doa dan perennungan untuk menyukuri nikmat yang telah diterima sambil menata masa depan yang lebih baik. Selamat naik usia bersama kasih sayang Allah yang tak ada habisnya untuk ananda.Julie

    Like

  2. bundel said: Yang terpenting di dalam ulang tahun adalah doa dan perennungan untuk menyukuri nikmat yang telah diterima sambil menata masa depan yang lebih baik. Selamat naik usia bersama kasih sayang Allah yang tak ada habisnya untuk ananda.Julie

    terima kasih banyak, Ibuku sayang…aku seneng banget bisa kenal Tante Julie. selalu support aku untuk lebih kuat. selalu menatap masa depan dengan gembira. insya Allah tetap bersaudara ya, Ibuku, Tanteku… love u here,Rike Myspace Compliment Graphics

    Like

  3. bundel said: Yang terpenting di dalam ulang tahun adalah doa dan perennungan untuk menyukuri nikmat yang telah diterima sambil menata masa depan yang lebih baik. Selamat naik usia bersama kasih sayang Allah yang tak ada habisnya untuk ananda.Julie

    happy birthday lagi nih ah..

    Like

  4. atiggna said: happy birthday lagi nih ah..

    waduh…maaf ya miss…i didn’t know about your birthdays..anyway…happy birthday ya..sorry i can not give you gift..just pray for you thats you will get what you want in lifeamien…

    Like

  5. bunga82 said: waduh…maaf ya miss…i didn’t know about your birthdays..anyway…happy birthday ya..sorry i can not give you gift..just pray for you thats you will get what you want in lifeamien…

    it is ok, Isgi.thanks for your wish, ya…a prayer is more than enough for me :-)take care ya…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s