September 7, 2008
rike jokanan

34 comments

LUDRUK, KLANGENAN SAYA YANG SAYA RINDUKAN

LUDRUK, KLANGENAN SAYA YANG SAYA RINDUKAN

Saat saya kecil (usia es de) saya tinggal di sebuah rumah (rumah orang tua saya) yang lokasinya sangat strategis yaitu di pinggir jalan raya, berseberangan dengan lapangan sepak bola kecamatan yang difungsikan juga sebagai lapangan untuk acara-acara besar termasuk disewakan kepada kelompok-kelompok hiburan seperti kethoprak tobong, ludruk tobong, pasar malam, layar tancep, dll. Saya ingin sharing tentang ludruk yang sampai kapanpun menjadi sebuah hiburan yang benar-benar tak tergantikan di jiwa saya. Walaupun sekarang saya punya kegemaran nonton film layar lebar, tetap saja ludruk dan kethoprak menjadi juara. Mbak Henny rupanya salah seorang dari penggemar ludruk Cak Kartolo. Semoga bisa ngobati kangen teman belajar dulu, Mbak. Untuk Sudara-Sudara MP, ini sekedar oleh-oleh masa kecil. Silakan dilengkapi kalau dirasa kurang.

Sangat membekas tak terlupakan karena tiap malam saya menyelinap keluar rumah (setelah belajar dibawah inspeksi orang dewasa) untuk sekedar membeli gulali sambil melihat-lihat kali aja ada teman yang nonton. Apalagi kalau malam minggu.. hmmm… saya bisa minta Budhe Sahid (teman kantor ibu saya) untuk nggratisin saya supaya bisa masuk ke area nonton yang dikepung gedheg (dinding dari bambu yang dipotong cukup tebal, Bahasa Jawa).

Satu hal, kakak saya mengadopsi eksistensi grup drama tobong itu dengan membentuk grup ludruk sekaligus kethoprak tanpa nama yang pentasnya di halaman samping rumah kami di dekat sumur. Make-up-nya hanya arang hitam untuk mencoreng muka. Layar-layarnya adalah sprei dan kain panjang ibu saya. Namun setelah diperingatkan Kang Sokran (tukang air kami) untuk tidak terlalu banyak memakai air, kethoprak itu pindah di belakang rumah Yu Suraim yang dekat dengan sumur sungai, tapi kemudian bubar karena kakak saya harus pindah sekolah ke SMPN 1 Bojonegoro. Duh indahnya…

LUDRUK

Ludruk adalah kesenian drama tradisional dari Jawa Timur. Ludruk merupakan suatu drama tradisional yang diperagakan oleh sebuah grup kesenian yang di gelarkan disebuah panggung dengan mengambil cerita tentang kehidupan rakyat sehari-hari, cerita perjuangan dan lain sebagainya yang diselingi dengan lawakan dan diiringi dengan gamelan sebagai musik. Awalnya ludruk hanya dimainkan oleh para lelaki yang jika diperlukan akan berdandan sebagai wanita.

Dialog/monolog dalam ludruk bersifat menghibur dan membuat penontonnya tertawa, menggunakan bahasa khas Surabaya, meski terkadang ada bintang tamu dari daerah lain seperti Jombang, Malang, Madura, Madiun dengan logat yang berbeda. Bahasa lugas yang digunakan pada ludruk, membuat dia mudah diserap oleh kalangan non intelek misalnya: tukang becak, peronda, sopir angkotan, etc (termasuk orang iseng seperti saya).

Sebuah pementasan ludruk biasa dimulai dengan Tari Remo dan (tak jarang) diselingi dengan pementasan seorang tokoh yang memerankan “Pak Sakerah”, seorang jagoan Madura. Kemudian disusul dengan sekelompok lelaki berkonde yang berjajar menyanyikan tembang-tembang selamat datang. Jula-juli adalah tembang khas ludruk yang selalu dinyanyikan oleh tokoh-tokoh tertentu. Jula-juli ini merupakan parikan (pantun) khas Jawa Timur yang fungsi utamanya adalah pengocok perut penonton yang sering kali juga sarat kritik kepada kondisi sosial masyarakat.

Cak Kartolo adalah seorang pelawak ludruk legendaris asal Surabaya, Jawa Timur. Cak Kartolo adalah pimpinan Ludruk Sawunggaling. Beliau sudah lebih dari 40 tahun hidup dalam dunia seni ludruk. Nama Kartolo dan suaranya yang khas, dengan banyolan yang lugu dan cerdas, dikenal hampir di seluruh Jawa Timur, bahkan hingga Jawa Tengah. Selain itu ada pula Basman (masih satu grup dengan Kartolo) yang keluguannya menjadi andalan. Cak Sapari, Cak Munawar dan Ning Tini (sitri Cak Kartolo) termasuk dalam grup ini juga. Pementasan mereka telah direkam dalam kaset dan sekarang juga dapat didapatkan MP3-nya secara gratis ke alamat dibawah; tentu saja dengan mengganti harga keping cakram.

http://www.pakdenono.com/kartolo.htm

TEMA DAN JUDUL PERTUNJUKAN

Ludruk berbeda dengan kethoprak dari Jawa Tengah. Cerita kethoprak sering diambil dari kisah zaman dulu (sejarah maupun dongeng), dan bersifat menyampaikan pesan tertentu. Sementara ludruk menceritakan cerita hidup sehari-hari (biasanya) kalangan wong cilik.

Pak Sakerah

Joko Sembung

Branjang Kawat

Sogol Pendekar Sumur Gemuling

Sarip Tambak Oso

Maling Cluring

Untung Suropati

Babad Suroboyo

Sawunggaling

dll

GRUP LUDRUK YANG PERNAH EKSIS

Kopasgat (ini yang sering saya tonton)

Sawunggaling (ini yang dulu selalu saya tunggu-tunggu di radio)

Grup Karya Budaya Mojokert

Mustika Jaya Jombang

Timbul Jaya Pr
obolinggo

warna Jaya Sidoarjo

Bangun Tresno Lumajang

Taruna Budaya Malang

Irama Budaya Surabaya

Orkanda Malang

Budi Jaya Jombang

Perdana Pasuruan

Pak Sarinten klelekan andha

Cekap semanten atur kawula

LAMPIRAN: (terima kasih pada Mas Tommy Budiawan atas kebaikan hatinya mengijinkan siapa saja menggunakan informasinya tentang ludruk Sawunggaling berikut ini)

1. Banyolan Kartolo CS – Ayam Batu Rante :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/ayam-batu-rante-banyolan-kartolo-cs.html

2. Banyolan Kartolo CS – Balik Kucing :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/balik-kucing-banyolan-kartolo-cs.html

3. Banyolan Kartolo CS – Balung Badak :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/balung-badak-banyolan-kartolo-cs.html

4. Banyolan Kartolo CS – Bandul Gurem :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/bandul-gurem-banyolan-kartolo-cs.html

5. Banyolan Kartolo CS – Baseman Pooseng :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/baseman-pooseng-banyolan-kartolo-cs.html

6. Banyolan Kartolo CS – Basman Bunglon :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/basman-bunglon-banyolan-kartolo-cs.html

7. Banyolan Kartolo CS – Basman Crongohan :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/basman-crongohan-banyolan-kartolo-cs.html

8. Banyolan Kartolo CS – Basman Mantu :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/basman-mantu-banyolan-kartolo-
cs.html

9. Banyolan Kartolo CS – Basman Nyeleweng :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/basman-nyeleweng-banyolan-kartolo-cs.html

10. Banyolan Kartolo CS – Bayi Mata Keranjang :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/bayi-mata-keranjang-banyolan-kartolo-cs.html

11. Banyolan Kartolo CS – Berang Ketul :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/berang-ketul-banyolan-kartolo-cs.html

12. Banyolan Kartolo CS – Besut 81 :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/besut-81-banyolan-kartolo-cs.html

13. Banyolan Kartolo CS – Bolah Ruwet :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/bolah-ruwet-banyolan-kartolo-cs.html

14. Banyolan Kartolo CS – Dadung Kepuntir :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/dadung-kepuntir-banyolan-kartolo-cs.html

15. Banyolan Kartolo CS – Dalang Gersang :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/dalang-gersang-banyolan-kartolo-cs.html

16. Banyolan Kartolo CS – Disco Guyonan :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/disco-guyonan-banyolan-kartolo-cs.html

17. Banyolan Kartolo CS – Dukun Ulo Entong :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/dukun-ulo-entong-banyolan-kartolo-cs.html

18. Banyolan Kartolo CS – Endoge Welut :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/endoge-welut-banyolan-kartolo-cs.html

19. Banyolan Kartolo CS – Gajah Abuh :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/gajah-abuh-banyolan-kartolo-cs.html

20. Banyolan Kartolo CS – Galian Kendor :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/galian-kendor-banyolan-kartolo-cs.html

21. Banyolan Kartolo CS – Gentong Mengkurep :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/gentong-mengkurep-banyolan-kartolo-cs.html

22. Banyolan Kartolo CS – Gerbong Areng :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/gerbong-areng-banyolan-kartolo-cs.html

23. Banyolan Kartolo CS – Jas Ontang Anting :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/jas-ontang-anting-banyolan-kartolo-cs.html

24. Banyolan Kartolo CS – Jrangkong Krinan :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/jrangkong-krinan-banyolan-kartolo-cs.html

25. Banyolan Kartolo CS – Juragan Gentong :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/juragan-gentong-banyolan-kartolo-cs.html

26. Banyolan Kartolo CS – Juragan Roti Sepet :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/juragan-roti-sepet-banyolan-kartolo-cs.html

27. Banyolan Kartolo CS – Kartolo Cipeng :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/kartolo-cipeng-banyolan-kartolo-cs.html

28. Banyolan Kartolo CS – Kartolo Dadi Ratu :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/kartolo-dadi-ratu-banyolan-kartolo-cs.html

29. Banyolan Kartolo CS – Kartolo Nyetrip :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/kartolo-nyetrip-banyolan-kartolo-cs.html

30. Banyolan Kartolo CS – Kebo Kumpul Kancane :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/kebo-kumpul-kancane-banyolan-kartolo-cs.html

31. Banyolan Kartolo CS – Ketemu Jodoh :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/ketemu-jodoh-banyolan-kartolo-cs.html

32. Banyolan Kartolo CS – Kidung Jenaka :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/kidung-jenaka-banyolan-kartolo-cs.html

33. Banyolan Kartolo CS – Kriwikan Grojokan :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/kriwikan-grojokan-banyolan-kartolo-cs.html

34. Banyolan Kartolo CS – Kucing Gering :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/kucing-gering-banyolan-kartolo-cs.html

35. Banyolan Kartolo CS – Kuro Kandas :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/kuro-kandas-banyolan-kartolo-cs.html

36. Banyolan Kartolo CS – Loro Pangkon :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/loro-pangkon-banyolan-kartolo-cs.html

37. Banyolan Kartolo CS – Lutung Mlebu Sarung :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/lutung- mlebu-sarung-banyolan-kartolo-cs.html

38. Banyolan Kartolo CS – Macan Ompong :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/macan-ompong-banyolan-kartolo-cs.html

39. Banyolan Kartolo CS – Manten Puret :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/manten-puret-banyolan-kartolo-cs.html

40. Banyolan Kartolo CS – Mantu Ulo Sowo :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/mantu-ulo-sowo-banyolan-kartolo-cs.html

41. Banyolan Kartolo CS – Marlena Bludreg :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/marlena-bludreg-banyolan-kartolo-cs.html

42. Banyolan Kartolo CS – Marlena Juragan Jambu :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/marlena-juragan-jambu-banyolan-kartolo-cs.html

43. Banyolan Kartolo CS – Nenek Sihir :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/nenek-sihir-banyolan-kartolo-cs.html

44. Banyolan Kartolo CS – Ngedukno Lemah :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/ngedukno-lemah-banyolan-kartolo-cs.html

45. Banyolan Kartolo CS – Patih Kabur Kanginan :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/patih-kabur-kanginan-banyolan-kartolo-cs.html

46. Banyolan Kartolo CS – Peking Wasiat :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/peking-wasiat-banyolan-kartolo-cs.html

47. Banyolan Kartolo CS – Pemborong Bonafit :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/pemborong-bonafit-banyolan-kartolo-cs.html

48. Banyolan Kartolo CS – Pemburu Cipret :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/pemburu-cipret-banyolan-kartolo-cs.html

49. Banyolan Kartolo CS – Pendekar Remek :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/pendekar-remek-banyolan-kartolo-cs.html

50. Banyolan Kartolo CS – Rabine Cacing Anil :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/rabine-cacing-anil-banyolan-kartolo-cs.html

51. Banyolan Kartolo CS – Ratu Amen :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/ratu-amen-banyolan-kartolo-cs.html

52. Banyolan Kartolo CS – Ratu Cacing Anil :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/ratu-cacing-anil-banyolan-kartolo-cs.html

53. Banyolan Kartolo CS – Ratune Iwak :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/ratune-iwak-banyolan-kartolo-cs.html

54. Banyolan Kartolo CS – Rebut Balung :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/rebut-balung-banyolan-kartolo-cs.html

55. Banyolan Kartolo CS – Rujak Kikil :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/rujak-kikil-banyolan-kartolo-cs.html

56. Banyolan Kartolo CS – Sanggar Seni :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/sanggar-seni-banyolan-kartolo-cs.html

57. Banyolan Kartolo CS – Sepor India :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/sepor-india-banyolan-kartolo-cs.html

58. Banyolan Kartolo CS – Sinden Bledeg :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/sinden-bledeg-banyolan-kartolo-cs.html

59. Banyolan Kartolo CS – Sopir Lori :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/sopir-lori-banyolan-kartolo-cs.html

60. Banyolan Kartolo CS – Soto Gagak :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/soto-gagak-banyolan-kartolo-cs.html

61. Banyolan Kartolo CS – Srabi Kecemplung Kalen :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/srabi-kecemplung-kalen-banyolan-kartolo-cs.html

62. Banyolan Kartolo CS – Tandak Wojo :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/tandak-wojo-banyolan-kartolo-cs.html

63. Banyolan Kartolo CS – Tenguk Tenguk Nemu Getuk :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/tenguk-tenguk-nemu-getuk-banyolan-kartolo-cs.html

64. Banyolan Kartolo CS – Trenggiling Sisik Emas :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/trenggiling-sisik-emas-banyolan-kartolo-cs.html

65. Banyolan Kartolo CS – Tumpeng Maut :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/tumpeng-maut-banyolan-kartolo-cs.html

66. Banyolan Kartolo CS – Warung Kintel :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/warung-kintel-banyolan-kartolo-cs.html

67. Banyolan Kartolo CS – Welut Ndas Ireng :
http://blog.tommybudiawan.com/2008/08/welut-ndas-ireng-banyolan-kartolo-cs.html

34 thoughts on “LUDRUK, KLANGENAN SAYA YANG SAYA RINDUKAN

  1. agripzzz said: Banyak banget link-nya

    hi, ponakan sayang. iya tuh, biar pada buka kalau mau. itu kesukaan nenekmu juga lho.

    Like

  2. agripzzz said: Banyak banget link-nya

    hahahaha… nenek emang suka ludruk kok!

    Like

  3. agripzzz said: Banyak banget link-nya

    duhh… lumayan buat hiburan puasa…seekk aseekkkk…tak ding dung pletak ding dung…suroboyo kutone gede … arek suroboyo katah duwite..mlaku..mlaku nang wonokromo….(terusno dewe..ha..ha..ha..)

    Like

  4. agripzzz said: hahahaha… nenek emang suka ludruk kok!

    ho-oh. tipikal orang muda Jawa Timur yang ngalami masa 80-an. tantemu iki dulu waktu es em a becandaan-nya ludrukan, Gripzzz. ha ha ha… mungkin anak sekrang bilangnya katro.

    Like

  5. hpoerwanti said: duhh… lumayan buat hiburan puasa…seekk aseekkkk…tak ding dung pletak ding dung…suroboyo kutone gede … arek suroboyo katah duwite..mlaku..mlaku nang wonokromo….(terusno dewe..ha..ha..ha..)

    siiiip… tadi malem aku ndengerin Kuro Kandas. wis ngguyu gak entek-entek. semoga bermanfaat.

    Like

  6. hpoerwanti said: duhh… lumayan buat hiburan puasa…seekk aseekkkk…tak ding dung pletak ding dung…suroboyo kutone gede … arek suroboyo katah duwite..mlaku..mlaku nang wonokromo….(terusno dewe..ha..ha..ha..)

    Aku yo seneng ludrukan opo maneh lek onok marlena

    Like

  7. bambangpriantono said: Aku yo seneng ludrukan opo maneh lek onok marlena

    iyo, wis iku sak grup. onok sing critane berjudul Marlena Ketemu Jodoh ha ha ha

    Like

  8. bambangpriantono said: Aku yo seneng ludrukan opo maneh lek onok marlena

    Aku nduwe sing iku

    Like

  9. bambangpriantono said: Aku nduwe sing iku

    thanks to internet, Dik. saiki “access ke masa indah hidup” sangat mudah kudapat termasuk ludruk iki he he he…. Marlena lemu tenan je

    Like

  10. bambangpriantono said: Aku nduwe sing iku

    Ancene..bo-abo

    Like

  11. bambangpriantono said: Ancene..bo-abo

    Madura. angak hoooo

    Like

  12. bambangpriantono said: Ancene..bo-abo

    Marlena…ha..ha..ha.. sampek aku karnaval tau macak dadi marlena..mari ngono masuk angin..sebab ngumbar udel..

    Like

  13. hpoerwanti said: Marlena…ha..ha..ha.. sampek aku karnaval tau macak dadi marlena..mari ngono masuk angin..sebab ngumbar udel..

    walah ya, Allah… aku mbayangno sampeyan macak Marlena sampek handukku ceblok, Mbak ha ha ha ha…

    Like

  14. hpoerwanti said: Marlena…ha..ha..ha.. sampek aku karnaval tau macak dadi marlena..mari ngono masuk angin..sebab ngumbar udel..

    Nyenyek tuuunnn

    Like

  15. rikejokanan said: walah ya, Allah… aku mbayangno sampeyan macak Marlena sampek handukku ceblok, Mbak ha ha ha ha…

    hooohh.. ceblok anduk e…sing liyane ceblok pisan gakk..? ha..ha..ha..Bo aboooo aaa.. yak napa sampeyan ddeeekk? sampek ceblok anduk e..

    Like

  16. bambangpriantono said: Nyenyek tuuunnn

    lha lek bubur yo kudu nyenyekkk.. lha gakngono a Ri…. (Sapari nyengir)

    Like

  17. hpoerwanti said: hooohh.. ceblok anduk e…sing liyane ceblok pisan gakk..? ha..ha..ha..Bo aboooo aaa.. yak napa sampeyan ddeeekk? sampek ceblok anduk e..

    Mar, koen iku dodolan anduk opo dodolan galangan tah? lha iku ati-ati udelmu dicucuk iwak lumbung eh iwak lumpat eh iwak lumba-lumba hua ha hahiburan sak durunge budhal kerjo, Mbak.semoga sukses Mbak Henny dan juga Dik Nono dalam rangka melestarikan ludruk dan keahlian masing-masing di bidurnya eh di biduan eh di bidangnya… hua ha ha haBasmane budhal kerjo dhisik yo rekkkk

    Like

  18. hpoerwanti said: hooohh.. ceblok anduk e…sing liyane ceblok pisan gakk..? ha..ha..ha..Bo aboooo aaa.. yak napa sampeyan ddeeekk? sampek ceblok anduk e..

    wow.. baguskalo semua orang begini nih, mencintai budaya warisan leluhur…

    Like

  19. hpoerwanti said: hooohh.. ceblok anduk e…sing liyane ceblok pisan gakk..? ha..ha..ha..Bo aboooo aaa.. yak napa sampeyan ddeeekk? sampek ceblok anduk e..

    Menarik banget. Saya suka ludruk dan ketoprak walaupun saya Padang.

    Like

  20. atiggna said: wow.. baguskalo semua orang begini nih, mencintai budaya warisan leluhur…

    Mbak Anggita, kalau semua orang ludrukan, Indonesia hebohhh…

    Like

  21. bikaambon said: Menarik banget. Saya suka ludruk dan ketoprak walaupun saya Padang.

    ini barumenarik banget! orang Padang suka ludruk dan kethoprak. pernah nonton apa aja, Mas?

    Like

  22. bikaambon said: Menarik banget. Saya suka ludruk dan ketoprak walaupun saya Padang.

    Apa aja yang ada di TV. Tapi Ketoprak jaman sekarang seperti Ketoprak humor udah ga seru lagi. Kayak udah kehilangan rohnya, ga tau kenapa. Dulu Ayah saya suka ngajak nonton Wayang Bharata di bilangan Senen. Tapi yang paling rajin kalo nonton Srimulat di di Taman Ria Senayan. Soalnya kan deket rumah. Apalagi kalo malam jumat ampir ga pernah absent tuh, soalnya temanya selalu horor. Wah seru banget…

    Like

  23. rikejokanan said: Mbak Anggita, kalau semua orang ludrukan, Indonesia hebohhh…

    biar rame ludrukan daripada heboh nonton ke tkp ryan 😛

    Like

  24. bikaambon said: Apa aja yang ada di TV. Tapi Ketoprak jaman sekarang seperti Ketoprak humor udah ga seru lagi. Kayak udah kehilangan rohnya, ga tau kenapa. Dulu Ayah saya suka ngajak nonton Wayang Bharata di bilangan Senen. Tapi yang paling rajin kalo nonton Srimulat di di Taman Ria Senayan. Soalnya kan deket rumah. Apalagi kalo malam jumat ampir ga pernah absent tuh, soalnya temanya selalu horor. Wah seru banget…

    coba kalau masih ada ludruk or kethoprak tobong keliling dan sampai ke Jakarta ya. terakhir saya nonton kethoprak tobong sudah sekitar 12 tahun yang lalu. itupun sudah tidak banyak peminatnya sampai-sampai sehari “bendhe” (sebutan yang kami berikan untuk mobil keliling yang menyiarkan pertunjukan apa yang akan digelar oleh grup kesenian tobong) berkeliling desa lebih dari 3 kali untuk memastikan bahwa semua kalangan mendengar sendiri bahwa kethoprak masih pentas.kesenian tradisional kita kalah saingan sama tontonan baru, Mas.

    Like

  25. atiggna said: biar rame ludrukan daripada heboh nonton ke tkp ryan 😛

    walah, saya ngeri nonton yang begituan, Mbak. paling banter saya nonton acara kriminal konyol punya Mas Joe itu he he

    Like

  26. atiggna said: biar rame ludrukan daripada heboh nonton ke tkp ryan 😛

    Aku seneng jula juline cak kartolo mbak

    Like

  27. otrad said: Aku seneng jula juline cak kartolo mbak

    brambang goreng rasane gurihdicemplungno masakan enaaak…matur nuwun sampeyan mriki malihmangga pinarak ingkang jenaaak…(dilagukan seperti jula-juli ae Mas)

    Like

  28. otrad said: Aku seneng jula juline cak kartolo mbak

    Es blewah dicampur madu…..njaluk ha…ha…

    Like

  29. otrad said: Aku seneng jula juline cak kartolo mbak

    mas ngga punya link mp3 ludruk macam sogol atau branjang kawat kah?

    Like

  30. otrad said: Aku seneng jula juline cak kartolo mbak

    wah dari tahun kapan ini baru kubalas ha ha ha…

    Like

  31. wongjowo09 said: mas ngga punya link mp3 ludruk macam sogol atau branjang kawat kah?

    wah kok saya ndhak punya ya… bisa googling aja mungkin… maafkan ya…

    Like

  32. wongjowo09 said: mas ngga punya link mp3 ludruk macam sogol atau branjang kawat kah?

    mas coba carikan ludruk mp3 kangen betul ini saya pada masa kecilmacam ini nihPak Sakerah- Joko Sembung- Branjang Kawat- Sogol Pendekar Sumur Gemuling- Sarip Tambak Oso- Maling Cluring- Untung Suropati- Babad Suroboyo- Sawunggaling- dll

    Like

  33. wongjowo09 said: mas ngga punya link mp3 ludruk macam sogol atau branjang kawat kah?

    Seneng banget ngrungokno Kartolo CS, eling tepak ndek Suroboyo ambek Malang…terusne yo cak. Suwun banget.

    Like

Leave a Reply

Required fields are marked *.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: