IBUKU ULANG TAHUN 9 OKTOBER

IBUKU ULANG TAHUN 9 OKTOBER

Sungguh tak mudah menguntai kata-kata

Karena engkau tak terlukiskan

Tak mudah menggambarkanmu

Karena kau jauh lebih indah dari gambaran

Tak mudah memujimu

Karena tak ada kosa kata yang memadai

Tak mudah terharu karenamu

Karena air mataku telah tercurah olehmu

Tak mudah berterima kasih padamu

Karena budiku tak berarti bagi jasamu

Tak mudah, Ibuku

Kau telah lakukan apa yang kau bisa

Sebisa yang engkau mampu

Semampumu walau sungguh kadang kau tak mau

Tak mau surut

Tak mau mundur

Merengkuh dengan kasih yang kau terjemahkan dalam lelakumu

Menyirami kami dengan keterbatasan kasih yang luasnya tak tertampung samudera

Kau telah melakukannya

Dengan upaya berawalan “segala daya”

Kau bidadariku

Kau…

Ibuku,

Bagaimana kubisa membencimu

Kalau ternyata kau tambatan tali pusatku

Bagaimana kubisa mengabaikanmu

Kalau ternyata kutumbuh oleh darah dan air susumu

Bagaimana kubisa melupakanmu

Kalau a ternyata engkau cetakan ragaku

Bagaimana bisa kutempatkan kau setelah mereka

Kalau ternyata kau tak pernah melepasku dari keprihatinanmu

Bagaimana bisa?

Kalau ternyata kaulah manusia yang sanggup melakukannya…

Maafkan aku

Yang acap kali mengatakan “Ah!”

Maafkan aku

Yang berulang kali ngambek karena petatah-petitihmu

Maafkan aku

Yang tak bosan mengguruimu dengan ilmu mudaku

Maafkan aku

Yang seakan jauh lebih berjasa padamu

Maafkan aku

Yang akan banyak tak menuruti saranmu

Aku hanya tak mampu, bukan tak mau

Ibuku,

Kecantikanmu berbatas usia tapi…

Kesetiaanmu seperti matahari

Pengabdianmu seperti nabi pada Tuhannya

Kekuatanmu seperti tetesan air

Ketabahanmu seperti kerang yang mengulum arang menjadi mutiara

Kelembutanmu seperti sutera China

Kesabaranmu bagai aliran sungai ke laut

Ibuku…

Sungguh tak mudah menggambarkanmu

Hanya Tuhan yang membalas jasamu

Telah disiapkan kebahagiaan tak terhingga untukmu

Ibuku hari ini, ulang tahunmu

64 tahun kau merangkum musim

Selama itu pula kau menangguk ilmu

Selama itu pula kau kibaskan segala halangan

Kau terpilih

Kau terpindai

Menjadi yang diberkahi

Menjadi yang disucikan

Kau menjadi manusia mumpuni

Lewat segala sungkur, tangis dan pilumu

Lewat segala lagu, senyum dan tawamu

Selamat ulang tahun, Ibuku…

Aku menyayangimu.

Prepared on October 8, 2008 – 11:57pm

35 thoughts on “IBUKU ULANG TAHUN 9 OKTOBER

  1. shafa2hilman said: aku wis prembik2 mbak..kelingan ibuku..puisimu apik temen mbak..pokoe saiki sing nyangkut ibu marai aku mbrebes mili..

    iyo, ngerti rak Mbak. aku ngingeti fotone Binar to mau langsung kelingan ibuku trus aku nangis nggawe puisi iki. nek mbiyen wis ono Multiply mesti fotoku dan foto-fotone keluargaku kabeh di-posting kabeh. ibuku kan podho karo njenengan. wanita Jawa sing gemati karo anak ngono lho Mbak…

    Like

  2. rikejokanan said: iyo, ngerti rak Mbak. aku ngingeti fotone Binar to mau langsung kelingan ibuku trus aku nangis nggawe puisi iki. nek mbiyen wis ono Multiply mesti fotoku dan foto-fotone keluargaku kabeh di-posting kabeh. ibuku kan podho karo njenengan. wanita Jawa sing gemati karo anak ngono lho Mbak…

    ibune njenengan mesti bungah nde anak koyo njenengan..aku saiki wes iso ngrasakke sebagian perasaan ibu mben ke aku..jare utange jasa ibu kui kon mbales ning anakke..mergo coba takonono..ibu mesti ra pengen opo2 kcuali nyawang anak urip mulyo n bahagia..mugo2 awake dw dadi anak soleha..ben doane makbul nggo wong sepuh..

    Like

  3. shafa2hilman said: ibune njenengan mesti bungah nde anak koyo njenengan..aku saiki wes iso ngrasakke sebagian perasaan ibu mben ke aku..jare utange jasa ibu kui kon mbales ning anakke..mergo coba takonono..ibu mesti ra pengen opo2 kcuali nyawang anak urip mulyo n bahagia..mugo2 awake dw dadi anak soleha..ben doane makbul nggo wong sepuh..

    emang, Mbak. mau wae aku nelpon ibuku, ngobrol-ngobrol. topike selalu men-support aku, mbak. wis pokoke koyone susahe ditanggung dhewe. rasane kok aku ki urung cukup tenan membahagiakan. bukannya gak mau, tapi ya itu gak mampu…ibuku ki sabar pol, Mbak. disakiti orang cuma tersenyum. lha aku ki ora nyonto beliau. aku disakiti wong, ngguyu tapi kadang nuthuk ha ha ha…

    Like

  4. shafa2hilman said: ibune njenengan mesti bungah nde anak koyo njenengan..aku saiki wes iso ngrasakke sebagian perasaan ibu mben ke aku..jare utange jasa ibu kui kon mbales ning anakke..mergo coba takonono..ibu mesti ra pengen opo2 kcuali nyawang anak urip mulyo n bahagia..mugo2 awake dw dadi anak soleha..ben doane makbul nggo wong sepuh..

    salam sungkem lan katur keselametan kangge kanjeng ibu…

    Like

  5. otrad said: salam sungkem lan katur keselametan kangge kanjeng ibu…

    mbak, aku jane yo duwe puisi nggo binar pas lara dhek lebaran..ini mengapa aku pas lebaran nggak posting2..binar semaleman begadang n muntah panas nggigil..paginya aku ke pediatric center..dijalan aku nulis puisiku di HP..mungkin begitulah kesetiaan ibu..bagai burung2 yang menunggui panen musim berikutnya datang lagi..setia dan tak berhenti berharap..panen kali ini tak gagal lagi..*lho, iki ngobrol ibu opo petani..dadi ambigu ik..

    Like

  6. shafa2hilman said: mbak, aku jane yo duwe puisi nggo binar pas lara dhek lebaran..ini mengapa aku pas lebaran nggak posting2..binar semaleman begadang n muntah panas nggigil..paginya aku ke pediatric center..dijalan aku nulis puisiku di HP..mungkin begitulah kesetiaan ibu..bagai burung2 yang menunggui panen musim berikutnya datang lagi..setia dan tak berhenti berharap..panen kali ini tak gagal lagi..*lho, iki ngobrol ibu opo petani..dadi ambigu ik..

    wah, sehati tenan kita ini. tadi aku juga hampir nulis bahwa kesetiaan ibu itu seperti petani menemani tanaman yang disemainya tapi batal mbuh kenapa. jebule wis diparingke njenengan karo Gusti Allah.gak papa, topik ibu ki ora habis-habis juga lho. ayo diposting kono puisi buat Binar. kapan-kapan nggawe geguritan alias puisi Jowo.nah looo, nantang lageeee ha ha ha ha

    Like

  7. rikejokanan said: wah, sehati tenan kita ini. tadi aku juga hampir nulis bahwa kesetiaan ibu itu seperti petani menemani tanaman yang disemainya tapi batal mbuh kenapa. jebule wis diparingke njenengan karo Gusti Allah.gak papa, topik ibu ki ora habis-habis juga lho. ayo diposting kono puisi buat Binar. kapan-kapan nggawe geguritan alias puisi Jowo.nah looo, nantang lageeee ha ha ha ha

    wakakakaka..klipuk! ditantang raono enteke..tapi aku wegah ngalah mbak..saiki meh leren ngeloni anak n bojo sik..sesuk sambung neh..nek aku jik gadis wis tak parani njenengan..ngobrol tekan esuk ngomongke kawruh basa n ibu..okey? gutnait sik yo mbak..suwun.. i love the challenge!

    Like

  8. shafa2hilman said: wakakakaka..klipuk! ditantang raono enteke..tapi aku wegah ngalah mbak..saiki meh leren ngeloni anak n bojo sik..sesuk sambung neh..nek aku jik gadis wis tak parani njenengan..ngobrol tekan esuk ngomongke kawruh basa n ibu..okey? gutnait sik yo mbak..suwun.. i love the challenge!

    good night juga, Mbak Shafa sayang. met bobok dan mimpi indah… aku juga mau bobok. besok mau nelpon ibuku sayang yang sedang berulang tahun 🙂

    Like

  9. shafa2hilman said: wakakakaka..klipuk! ditantang raono enteke..tapi aku wegah ngalah mbak..saiki meh leren ngeloni anak n bojo sik..sesuk sambung neh..nek aku jik gadis wis tak parani njenengan..ngobrol tekan esuk ngomongke kawruh basa n ibu..okey? gutnait sik yo mbak..suwun.. i love the challenge!

    kanjeng ibu…tiup lilinnya..wushhhh, biarkan aku yang niup obornya hush…hushhh kok ora mati mati…

    Like

  10. shafa2hilman said: wakakakaka..klipuk! ditantang raono enteke..tapi aku wegah ngalah mbak..saiki meh leren ngeloni anak n bojo sik..sesuk sambung neh..nek aku jik gadis wis tak parani njenengan..ngobrol tekan esuk ngomongke kawruh basa n ibu..okey? gutnait sik yo mbak..suwun.. i love the challenge!

    Met ultah yaaaa……

    Like

  11. shafa2hilman said: wakakakaka..klipuk! ditantang raono enteke..tapi aku wegah ngalah mbak..saiki meh leren ngeloni anak n bojo sik..sesuk sambung neh..nek aku jik gadis wis tak parani njenengan..ngobrol tekan esuk ngomongke kawruh basa n ibu..okey? gutnait sik yo mbak..suwun.. i love the challenge!

    Selamat Ulang Tahun buat ibunya mbak Rike, smoga Allah SWT memberikan kesehatan dan kebahagiaan lahir batin di usianya ya..?Dan bangga banget mempunyai putri seperti mbak Rike..yang manizzz tentunya..(aku tambhin ZZZ kayak punya si Agripzz..)

    Like

  12. hpoerwanti said: Selamat Ulang Tahun buat ibunya mbak Rike, smoga Allah SWT memberikan kesehatan dan kebahagiaan lahir batin di usianya ya..?Dan bangga banget mempunyai putri seperti mbak Rike..yang manizzz tentunya..(aku tambhin ZZZ kayak punya si Agripzz..)

    matur nuwun, Mbak Hen. ntar aku sampaikan. terima kasih doanya juga. amin ya Rabbal alamien.tambahi ra popo, ancen kuwi ponakan he he he…

    Like

  13. rikejokanan said: wis tak telpon. aku ki mben ndino nelpon, Mbak. kadang esuk, awan, sore koyo nguntal obat ha ha ha…bungah tenan…

    wah..jan anak mami tenan..nek aku kok malah aneh..nek ibuku tak telpon malah dipikir ono opo2..dadi sms bendino..nek telpon yo janji sik..nek jik mulang repot..(ibuku guru sd, durung pensiun)

    Like

  14. shafa2hilman said: wah..jan anak mami tenan..nek aku kok malah aneh..nek ibuku tak telpon malah dipikir ono opo2..dadi sms bendino..nek telpon yo janji sik..nek jik mulang repot..(ibuku guru sd, durung pensiun)

    bukan anak mami… aku anak mami papi. sak jane aku justru dekat dengan ibuku setelah kerja lho, Mbak. ngerti sorone nggolek duit. mbiyen ming nodang-nodong koyo preman pasar kae. saiki kroso mesakne he he he…nek karo almarhum bapak memang dari dulu aku dekat.

    Like

  15. rikejokanan said: bukan anak mami… aku anak mami papi. sak jane aku justru dekat dengan ibuku setelah kerja lho, Mbak. ngerti sorone nggolek duit. mbiyen ming nodang-nodong koyo preman pasar kae. saiki kroso mesakne he he he…nek karo almarhum bapak memang dari dulu aku dekat.

    wa..nek ngono karuan mbak..tulung jalukno duitku sing diutang konco2 ku..rung bali kiy..metune susah temen..sing ngutang ket manten anayr tekan saiki wis pindah qatar duite rung bali2..

    Like

  16. rikejokanan said: bukan anak mami… aku anak mami papi. sak jane aku justru dekat dengan ibuku setelah kerja lho, Mbak. ngerti sorone nggolek duit. mbiyen ming nodang-nodong koyo preman pasar kae. saiki kroso mesakne he he he…nek karo almarhum bapak memang dari dulu aku dekat.

    wah, ibumu pasti bahagianya ounya anak sepertimuuuuuuuu..

    Like

  17. shafa2hilman said: wa..nek ngono karuan mbak..tulung jalukno duitku sing diutang konco2 ku..rung bali kiy..metune susah temen..sing ngutang ket manten anayr tekan saiki wis pindah qatar duite rung bali2..

    halah, kanca-kancamu kuwi sing endi pisan? aku tak macak dadi preman Pasar Tanah Tinggi sik yo ha ha ha

    Like

  18. atiggna said: wah, ibumu pasti bahagianya ounya anak sepertimuuuuuuuu..

    insya Allah, amin. ibunya Mbak Anggit juga bahagia punya putri kayak Mbak Anggit gini. udah cantik, pintar, baik pula… btw, aku langganan nonton Upin & Ipinmu. males ke Youtube. makasih lho 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s