August 15, 2009
rike jokanan

19 comments

BAKIAK WAK HAJI

BAKIAK WAK HAJI

Bakiak Wak Haji

Berkelontangan

Menghajar tanah kering yang sedang mengantuk

Menyayati jalanan kampung yang mulus

Membangunkan pikiran-pikiran santri

Menjengkelkan telinga-telinga malaas

Menggoreskan sejarah bising yang sunyi

Tapi…

Wak Haji tak berhenti berjalan

Walau surau terlewati

Muadzin menjerit memanggilnya

Jamaah bertepuk tangan mengingatkannya

Anak-anak berceloteh keheranan

Ibu-ibu berbisik-bisk jengkel.

Bakiak Wak Haji

Makin lama makin tipis hilang bunyi

Tanah tertawa kegelian serasa dielus tangan putri

Jalanan kampung serasa diluluri

Santri-santri menjadi murah senyum

Telinga-telinga malas hidup kembali

Imama muda memimpin sembahyang

Tepukan lembut disapa santun bacaan benar

Anak-anak tetap sembahyang sambil berlari

Ibu-ibu terbuai doa khusyu’nya sendiri

Wak Haji tetap berbakiak

Bakiaknya setua jumlah uban di kepalanya

Bakiak Wak Haji

Semakin tua

Semakin mengaji…

Kasasi – August 15, 2009 – 9:14pm

19 thoughts on “BAKIAK WAK HAJI

  1. aih..bagusss..tetep, mbak rike bangettt…

    Like

  2. shafa2hilman said: aih..bagusss..tetep, mbak rike bangettt…

    isiiin… Mbak In… aku inget bakiak yang jadi alas kaki wajib di rumahku kalau lagi di dapur… biar gak licin dan jatuh…sik, sik, aku juga mau mampir ke rumahmu juga… nengok ponakan sing lucu-lucu sing mesti wis gede-gede…

    Like

  3. shafa2hilman said: aih..bagusss..tetep, mbak rike bangettt…

    monggo..udah beres pindahannya? kok udah nyante jam segini..

    Like

  4. shafa2hilman said: monggo..udah beres pindahannya? kok udah nyante jam segini..

    udah balik dari rumah Binar dan Hilman… wehhh, mbuh Mbak… aku nek jenenge beberes-beres ki jian tertunda-tunda…

    Like

  5. rikejokanan said: udah balik dari rumah Binar dan Hilman… wehhh, mbuh Mbak… aku nek jenenge beberes-beres ki jian tertunda-tunda…

    wah..perlu bantuan? siap meluncur mbak..

    Like

  6. rikejokanan said: udah balik dari rumah Binar dan Hilman… wehhh, mbuh Mbak… aku nek jenenge beberes-beres ki jian tertunda-tunda…

    wuih keren mbak….

    Like

  7. shafa2hilman said: wah..perlu bantuan? siap meluncur mbak..

    ayooo… kardusku pirang-pirang iki ha ha ha…

    Like

  8. dew1ekha said: wuih keren mbak….

    siapa yang keren? aku ya, Mbak Dewi? lhooo… kok yo lagi wae nyadar to njejengan ha ha ha…

    Like

  9. rikejokanan said: siapa yang keren? aku ya, Mbak Dewi? lhooo… kok yo lagi wae nyadar to njejengan ha ha ha…

    hahaha…lha sampean gak tau ketok je…..

    Like

  10. dew1ekha said: hahaha…lha sampean gak tau ketok je…..

    aku kan kesurupan jin Facebook… ha ha ha…

    Like

  11. rikejokanan said: aku kan kesurupan jin Facebook… ha ha ha…

    haahahaaaa…..podo ae mbak….

    Like

  12. rikejokanan said: aku kan kesurupan jin Facebook… ha ha ha…

    Selamat berbakiak dan mengaji bersama wak haji.

    Like

  13. rikejokanan said: aku kan kesurupan jin Facebook… ha ha ha…

    Berterimakasihlah kepada waktu ketika saya sedang mengedit karena dialah yang memberikan inspirasi kepada Anda, bukan saya…

    Like

  14. dew1ekha said: haahahaaaa…..podo ae mbak….

    masih kesurupan… sambil berusaha tetap waras mendekap MP he he he…

    Like

  15. bundel said: Selamat berbakiak dan mengaji bersama wak haji.

    matur nuwun, Bunda… selamat menunaikan ibadah puasa dan amalan lain di bulan Ramadhan… semoga selalu setia menjalani rukun-rukun yang ada… amiiin…

    Like

  16. smallnote said: Berterimakasihlah kepada waktu ketika saya sedang mengedit karena dialah yang memberikan inspirasi kepada Anda, bukan saya…

    siapa? Wak Haji? hi hi hi… edit aja teroooossss. tapi gak bisa di-attach tuh gimana yak? internetnya menguji kesabaran, pooon…

    Like

  17. rikejokanan said: matur nuwun, Bunda… selamat menunaikan ibadah puasa dan amalan lain di bulan Ramadhan… semoga selalu setia menjalani rukun-rukun yang ada… amiiin…

    Sami-smi jeng. Dafi suci kita kembali kepada kesucian belaka. Selamat menunaikan ibadah Ramadhan, disertai barokah Allah yang melekat terus sepanjang masa!

    Like

  18. bundel said: Sami-smi jeng. Dafi suci kita kembali kepada kesucian belaka. Selamat menunaikan ibadah Ramadhan, disertai barokah Allah yang melekat terus sepanjang masa!

    amiiin… saya memulai tadarrus dari juz satu, Bunda…

    Like

  19. I see a lot of interesting posts on your blog. You have to spend a lot
    of time writing, i know how to save you a lot of time, there is a
    tool that creates unique, google friendly posts in couple of seconds, just search in google – k2 unlimited content

    Like

Leave a Reply

Required fields are marked *.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: