August 22, 2011
rike jokanan

no comments

DIMANA JIWAKU TERTAMBAT

DIMANA JIWAKU TERTAMBAT

Keadaan hati yang sesungguhnya kadang menjadi sangat. Asing bagi diri kita sendiri. Perasaan bisa menjadi seperti capung yang mengapung di udara tiba-tiba menclok (hinggap, Bahasa Jawa) di pucuk ilalang berbunga coklat lalu mengambang di permukaan air bagai avatar yang mampu berdiri diatas danau.

Inginnya aku mengenali hatiku sendiri yang membuatku sangat berharap andai aku tak bisa mati. Lekak-lekuk, lika-liku hatiku menjadikanku manusia bodoh yang tak mungkin memandai dengan sekolah. Yang kurasai sekedar “kenapa lagi ini hatiku”.

Pengetahuan dan ketahuan (atau bisa jadi hanya kerasatahuanku) yang dulu pernah kupegang sekarang bagai lenyap tak bersisa. Awalnya aku menganggap bahwa kesadaran adalah ini dan itu, ilmu adalah ini dan itu, kebijaksanaan adalah ini dan itu. Berbagai definisi dengan lancar kuderas. Pemahaman para penjaga ilmu dan bajik-bijak dengan mudah kukuasai lalu kulontarkan seperti lembing yang menancap atau martil yang terbenam atau cakram yang menghantam pada sasaran. Aku pernah mengerti.

Hingga aku merasakan ada sesuatu yang bernama hati yang keberadaannya tak kuselisihi namun penerimaan akan keberadaannya sangat menghendaki energi yang luar biasa. Jika kau punya hati…

Jiwa ini… Apakah dia tertambat pada hatiku? Ataukah terpisah? Ataukah hatiku yang tertambat pada jiwaku? Pertanyaan ini datang dari mana? Dari jiwa atau hatiku? Ditujukan pada siapa? Jiwa pada hati? Atau hati pada jiwa? Atau…

Aku ingin pulang. Pulang ke rumah yang entah dimana; jauhnya tak terkira, namun dekatnya tak kira-kira – panggilannya begitu lantang tetapi jaraknya adalah lelahnya diri.

Dimana jiwaku tertambat? Apakah aku telah sampai di dermaga? Atau aku baru akan meninggalkan dermaga?

Tangerang – 21 Agustus 2011 – 9:51 malam

Leave a Reply

Required fields are marked *.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: