JANGAN DITIRU (Ceu Nana keparat!!!)

JANGAN DITIRU

(Ceu Nana keparat!!!)

Sudah sekitar tiga bulan terakhir ini saya menjadi orang yang emosian. Ngamuk-ngamuk saja kerjanya – mencari apa saja di luar diri dan kemampuan untuk dkambinghitamkan.

Idealnya seorang yang dewasa bisa mengendalikan emosi terutama yang berupa kemarahan. Jika belum mampu mengarahkan rasa marah menjadi energi yang lebih bermanfaat dan hanya sekedar bisa mencari kambing hitam maka yakin pasti si dewasa itu belum dewasa; mungkin hanya sekedar tua atau merasa dewasa.

Ada sebuah kisah.

Nasi uduk yang biasa terhidang di meja majikan setiap pagi tak muncul juga. Sang pembantu belum juga pulang membawa sebungkus nasi Betawi. Pesan majikan “jangan pulang kalau nggak bawa nasi uduk ya, Yem”.

Rupanya malang tak bisa ditolak sial tak bisa dihindari, nasi uduk Ceu Nana tak bisa dibawa pulang tepat waktu karena ternyata hari itu Ceu Nana tidak berjualan karena sakit mencret berat. Dan, sebungkus nasi uduk Ibu Kartini pun dibawa pulang oleh si Iyem, itu pun terlambat satu jam karena warung Ibu Kartini ada di kota Rembang he he he…

Walhasil, si majikan makan nasi uduk yang tidak sesuai order, terlambat berangkat kantor pula.

Pekerjaan yang menumpuk terlambat dikerjakan san puncaknyaadalah macet yang menyiksa membuat sang majikan terlambat sampai di rumah juga. Kesempatan bermain dengan sang anak hilang akhir pekan ini. Lalu sampai rumah apa yang dilakukan sang majikan?

“I hate Jakarta traffic! Ini semua gara-gara Ceu Nana yang sakit mencret! Ceu Nana keparat!!! Kamu juga gara-gara kamu nggak bisa nasi uduk jadinya kayak gini!!!”

Sang pembantu hanya melongo.

Lalu apa hubungannya dengan emosi saya? Yah, saya sempat menyaksikan seorang sahabat yang melampiaskan kemarahannya hari itu pada seseorang di posisi Ceu Nana dan si Iyem. Pada saat itu saya dengan goblognya bukannya berpikir jernih tapi malah mengamini dalam hati “Iya, kok Ceu Nana sama si Iyem bego bener. Mau-mau aja mencret pas harusnya jualan nasi uduk dan satunya lagi nggak bisa masak nasi uduk kesukaan majikan”. Padahal yang bego ya saya, ngapain ikutan orang emosi gak puguh gitu?

Makanya, Rike… Jangan mau jadi orang goblog!

Pulau Penang – 3 Februari 2012 – 11:22 WITA

Gambar dipinjam dari http://wisata.kompasiana.com/kuliner/2011/05/03/lontong-nasi-uduk-makanan-wajib-pagi/

Penumbra Haiku

..... Just ....... Haiku .....

ram H singhal

Journey of Creative Enlightenment

Flora Fiction

A Creative Space

tinytotspoetry

Aspiring to be the best at writing. Poetry lover, haiku and free verse to be precise, I hope to one day master

myScribbles

Absent-minded musings

ZERLIN

REALIZING LIFE GOALS

Melody Chen

Word-Experimentalist

Den of Dreams

Creativity Is a Wild Thing

Daydreaming as a profession

Just writing some poems. No pics, no GIFs, no vids. Keeping it simple.

Pee Kay

voice_of_the_pen

The Broken Specs

Here's To Express.. :)

Indonesia Labour Database

Knowledge is Power

Light Play ~ Revitalize

we are fish that play in a sea of light

Cooking

recipes, tips & ideas

Simplify Tasks

Want to learn the simple way?

myvvoice

Escaping reality or facing reality.

The BELOVED

Our hearts are home, secured in God's Love. Find Hope and Encouragement in The LORD, The HOLY BELOVED.

thoughts and entanglements

A collective of poems and photos. All photos taken by me unless stated otherwise.

Rusted Honey

Poetry, haiku, tanka, and micropoetry

OwnShadow

Looking for people to share the written word

Madamsabi's Blog

Coffee For The Mind, inspiration for the soul!

unbolt me

the literary asylum

THE RIVER WALK

Daily Thoughts and Meditations as we journey together with our Lord.

Inner Peace

True wealth is the wealth of the soul

Luna

Pen to paper.

(Metanoia)

Fan of GOD

The Art of Blogging

For bloggers who aspire to inspire

Verona

- Renee verona -

Bombay Ficus

Running, Writing, Real Life Experiences & Relatable Content.

Learning to write

Just your average PhD student using the internet to enhance their CV

a.mermaid'spen_

I rant and write ;)

New Lune

A blog full of tips, inspiration and freebies!

Belajar Numerik Al Quran

Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran? (Al Qamar 22, 32, 40)

chipping in

listen, and keep it clean

Shanmugam's Blog

Articles on Spirituality. Psychology, Mindfulness, Spiritual Enlightenment & a Collection of my Poems.

niaART

If you are always trying to be normal, you will never know how amazing YOU can be. Maya Angelou

WordPress.com Apps

Apps for any screen

Poetry and Prose

From soul to soul

Eden Hills

My Life on the Farm

Mlathi Wulung

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

Dread Poets Sobriety

Irreverence's Glittering New Low!

Asosiasi Mahasiswa Pecinta Literasi

Nge-literasi atau terjajah selama-lamanya?

Alifis@Corner

Apa adanya, selaraskan akal dan hati

bibilintikan

just a little nod in the ocean

Chez Lorraine

A journal of an Indonesian in The Netherlands

%d bloggers like this: