BERJUALAN TERNYATA TAK SEGAMPANG MENULIS

BERJUALAN TERNYATA TAK SEGAMPANG MENULIS

(sharing pedagang batik baru)

Seorang teman saya sekarang tinggal di Pekalongan dan mejadi juragan batik mengikuti jejak sang ibunda. Sebelum menetap di Pekalongan, teman saya ini mengajar di LIA Kelapa Gading kemudian di LIA Yogyakarta. Karena mengikuti sang suami tercinta, dengan suka rela dia mengurus anak-anaknya yang lucu-lucu dan pintar; saat itulah dia berganti profesi dari mengajar ke berjualan.

Awalnya saya ragu apakah dia bisa mempertahankan bisnisnya itu sedangkan selama di Jakarta dia tak pernah sekalipun “menyentuh” dunia bisnis. Kerjanya hanya sekolah dan klenceran (bepergian, Bahasa Jawa) ke luar negeri menikmati fasilitas sebagai anak tunggal berorang tua berada tak pernah kekurangan apa-apa. Haah…

Ternyata memulai dari nol dan sekarang dia berhasil. Bisnisnya maju dan dia menjadi bosnya juragan-juragan batik. Suatu hari dia sms saya dan menawari saya memasarkan batiknya kepada teman-teman di Jabodetabek+sekitarnya dengan harapan cita-citanya menjadi penguasa alam batik berhasil dan (dengan sengak berpretensi) membantu saya untuk lebih cepat mewujudkan cita-cita menjadi bos sayuran organik ha ha ha…

Oke… kirim saja batik elu, kali aja laku. Tapi jangan salah ye, gue gak pernah berdagang secara sukses. Dulu waktu es em a pernah jualan sampul buku dan laku karena memang gambarnya Tommy Page. Waktu kuliah jualan sandal kulit tapi gak untung karena akhirnya sandalnya gue gave away ke para pembeli yang gak kunjung bayar cicilan dengan berbagai alasan. Akhirnya elu tahu sendiri gue cuma bisa jualan omongan dan tulisan, itupun gak terlalu laku, alias sering ditolak he he he…

Sekarang ini saya sudah memasarkan kiriman Nur Dyah (nama teman saya) pada putaran keempat. Saya tidak berjualan sendiri melainkan menyerahkannya kepada teman yang lain. Saya hanya menjadi talang saja. Untung tipis gak papa, yang penting lancar… Sepertinya saya udah kayak Mas Karyo aja ha ha ha…

Itu saja udah bikin saya pusing gak karuan dengan urusan hitungan ini-itu dan kiriman barang yang telat dll.

Sekarang saya sedang belajar untuk menjadi pedagang batik yang lebih teliti mencatat dan meghitung sehingga barang dan labanya jelas larinya kemana. Waduh… Ternyata berdagang itu lebih sulit daripada menulis.

Wish me luck ya…

September 20, 2008

8 responses

  1. cofeypop said: knapa buru2 di return siy miss..pan biasanya orang2 malah pada sibuk nyari baju pas mau lebaran miss..eh miss tau ga siy,katanya aku lulus ujian loh,alhamdulillah (thanks ya Rabb)

    ya gimana ya, aku udah mau beribadah, konsentrasi ke Ramadhan. gubraks!!!lulus? alhamdulillah… selamat ya… ditunggu traktirannya ya…

    Like

  2. cofeypop said: knapa buru2 di return siy miss..pan biasanya orang2 malah pada sibuk nyari baju pas mau lebaran miss..eh miss tau ga siy,katanya aku lulus ujian loh,alhamdulillah (thanks ya Rabb)

    gimana ya, Sup. di-retur biar bisa konsentrasi ibadah Ramadhan. gubraks!!!udah lulus? bentar lagi kita dapet traktiran dong… undang kita-kita anak nongkrong dong he he he

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Belajar Numerik Al Quran

Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran? (Al Qamar 22, 32, 40)

chipping in

Listen, and keep it clean

Shanmugam's Blog

Articles on Spirituality. Psychology, Mindfulness, Spiritual Enlightenment & a Collection of my Poems.

niaART

If you are always trying to be normal, you will never know how amazing YOU can be. Maya Angelou

WordPress.com Apps

Apps for any screen

Poetry and Prose

From soul to soul

Eden Hills

My Life on the Farm

Mlathi Wulung

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

Dread Poets Sobriety

Irreverence's Glittering New Low!

Asosiasi Mahasiswa Pecinta Literasi Islami (AMPLI)

Nge-literasi atau terjajah selama-lamanya?

Alifis@Corner

Dinamisasi Otak dan Hati dengan berbagi informasi, ilmu dan pengetahuan

bibilintikan

just a little nod in the ocean

Chez Lorraine

A journal of an Indonesian in The Netherlands

My First Orchid

LEARNING TO CARE FOR YOUR FIRST ORCHID

DBR Foundation Blog

Coming together to solve global problems

Lukecats

About cats and man

%d bloggers like this: