KACAMATA KITA

KACAMATA KITA

Awalnya sangat sederhana yaitu ketika melihat seseorang yang memakai kacamata hitam dengan senyum manisnya tapi ketika dilepas, terlihat sangat kentara matanya bengkak akibat menangis.

Kacamatanya telah dengan sukses menyembunyikan keadaannya yang sebenarnya sehingga orang lain “tertipu” karena mengira bahwa dia baik-baik saja. Kacamata disini mari kita arikan sebagai keceriaan buatan karena memang dalam bermasyarakat kita tak disarankan mengumbar kesedihan kita. Tetap ceria adalah penawaran pribadi yang akan membuat pergaulan makin mutualis. Tidak adalah yang ingin punya banyak teman karena senyum yang selalu mengembang.

Kacamata bisa juga diartikan lain. Jika Anda memakai kacamata berwarna hijau maka sekeliling Anda akan berwarna hijau; jika hitam, berwarna gelap; jika merah, berwarna merah; dan seterusnya sesuai warna kaca yang Anda tempelkan di bingkainya. Kacamata dengan fungsi warna ini perlu dicermati secara lebih mendalam. Jika kacamata penutup kesedihan hanya akan membuat orang lain bersuka dan diri kita lebih nyaman, maka kacamata jenis ini bisa saja merubah dunia sang pemakai.

Jika kita tak sadar bahwa pandangan kita terhalang oleh kaca mata kita, kita tak bisa lagi memandang dunia sebagai mana adanya. dunia menjadi seperti yang “terhalang” oleh warna kaca yang kita pasangkan pada bingkai kacamata kita. Jika kaca yang kita pasang sedih, dunia jadi sediiiiih terooos. Jika terlalu ceria, maka ketawa terus tanpa sadar bahwa dunia tidak hanya sarat dengan tawa. Jika terlalu keras, maka dunia tak punya warna sama sekali. Maka jika Anda ingin merubah dunia, jangan repot-repot mengecat dengan warna-warna yang sesuai dengan kriteria Anda; tapi lepas saja kacamata Anda. Gampang kaaan…

Jika terpaksa memakai kacamata untuk menormalkan jarak fokus, kaca berwarna bening adalah pilihan terbaik. Jika kaca yang Anda kenakan jernih maka Anda akan mampu menangkap segala warna. Tidak hanya warna pelangi mejikuhibiniu (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu) tapi segenap gradasi dapat Anda tangkap dengan kejernihan pandangan Anda. Tapi jujur, beningnya pandangan membutuhkan latihan. Yang biasanya mata ketutupan warna hitam, kini harus berjumpa warna-warna terang. Bisa silau sesaat… Yang biasanya berkutat dengan warna gonjreng, kini mesti rela berbagi menikmati warna yang muram. Bisa rabun sebentar…

Dunia ini penuh warna. Tak mudah tuk menerimanya tapi tak bijak untuk mengabaikannya. Ayo semua kita gambar cita-cita kita pada kanvas dunia dengan warna alami yang mencerahkan dan mengayakan jiwa dan raga kita. Kalau memang masih perlu kacamata, ada baiknya dipakai seperlunya sesuai fungsi sehingga jiwa kita tak tersiksa hanya karena kita tak mampu melewatkan usia kita untuk mengecat dunia ini dengan warna yang kita inginkan.

Dunia…. Sambutlah aku, kubuang kacamata warnaku. Kusongsong engkau dengan suka cita. Tak perlu lagi aku tersenyum dengan kacamata hitam tuk menyembunyikan mata bengkak karena engkau tak akan mengabaikanku hanya karena aku bisa tertawa sambil menangis ataupun menangis sambil tertawa.

October 19, 2008 – 12:12am

20 responses

  1. shafa2hilman said: nek bojoku yo butuh kacamata mbak..wong ancene minus. dadi yo wajib itu..mbangane nyunyak nyunyuk..

    yess!!! nek kuwi jelas ada fungsine:mengatur jarak fokus jee… btw, aku jane plus silinder tapi males nganggo kocomoto ha ha ha…

    Like

  2. shafa2hilman said: nek bojoku yo butuh kacamata mbak..wong ancene minus. dadi yo wajib itu..mbangane nyunyak nyunyuk..

    mbak, laser sing opo kui? aku lali..dulurku ono sing kui..dadi operasine 10 menit thok! alhamdulillah..saiki lepas kacamata..mbiyen min 12..walah…uakehe..minus kok selusin!

    Like

  3. shafa2hilman said: mbak, laser sing opo kui? aku lali..dulurku ono sing kui..dadi operasine 10 menit thok! alhamdulillah..saiki lepas kacamata..mbiyen min 12..walah…uakehe..minus kok selusin!

    lasik to? oh mripate di-laser kuwi ben minusnya berkurang. minus 12? edan… kayak ponakanku minus 12 juga, ada juga teman kerjaku: minus 8.aku ki plus-nya belum segila itu. dikiiiit banget, masih bisa lihat cowok ganteng dari jarak 100M; berarti belum membahayakan.pokoke nek wis ra iso ngarani Keanu Reeves ganteng dalam jarak 100M aku baru mau pakai kacamata.*Keanu Reeves iso ngamuk iki*

    Like

  4. rikejokanan said: yess!!! nek kuwi jelas ada fungsine:mengatur jarak fokus jee… btw, aku jane plus silinder tapi males nganggo kocomoto ha ha ha…

    Wong dsilinder ora nganggo kacamripat? Dijamin sakit kepala karena harus fokus terus dengan mengernyitkan mata. Tanya ya, kata siapa? Kata diri sndiri karena semua keluargaku cacat genetik kacamatanya silindr dari kecil. Banyak yang silindernya tinggi (minus empat seperti aku gini………)BTW kacamata kehidupan perlu dipake lho untuk menceriakan ynag tidak ceria. Untuk menyaring yang terlalu cerah dan menyakitkan pandangan. Jadi tetap ada gunanya.

    Like

  5. bundel said: Wong dsilinder ora nganggo kacamripat? Dijamin sakit kepala karena harus fokus terus dengan mengernyitkan mata. Tanya ya, kata siapa? Kata diri sndiri karena semua keluargaku cacat genetik kacamatanya silindr dari kecil. Banyak yang silindernya tinggi (minus empat seperti aku gini………)BTW kacamata kehidupan perlu dipake lho untuk menceriakan ynag tidak ceria. Untuk menyaring yang terlalu cerah dan menyakitkan pandangan. Jadi tetap ada gunanya.

    betul, Tanteku… kadang pusing kalau udah gitu ya manyun. kacamata ada tapi gak pernah di-upgrade ukuran kacanya. badung Tante…setuju deh Tante. pokoknya dipakai boleh asal sesuai fungsinya.

    Like

  6. bundel said: Wong dsilinder ora nganggo kacamripat? Dijamin sakit kepala karena harus fokus terus dengan mengernyitkan mata. Tanya ya, kata siapa? Kata diri sndiri karena semua keluargaku cacat genetik kacamatanya silindr dari kecil. Banyak yang silindernya tinggi (minus empat seperti aku gini………)BTW kacamata kehidupan perlu dipake lho untuk menceriakan ynag tidak ceria. Untuk menyaring yang terlalu cerah dan menyakitkan pandangan. Jadi tetap ada gunanya.

    keanu reeves ki nek lagi mlaku kesandhung sandhung, nek mangan kecokot2..antarane qatar indonesia dirasani ki lho mas nunu….

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Penumbra Haiku

..... Just ....... Haiku .....

ram H singhal

Journey of Creative Enlightenment

Flora Fiction

A Creative Space

tinytotspoetry

Aspiring to be the best at writing. Poetry lover, haiku and free verse to be precise, I hope to one day master

myScribbles

Absent-minded musings

ZERLIN

REALIZING LIFE GOALS

Melody Chen

Word-Experimentalist

Den of Dreams

Creativity Is a Wild Thing

Daydreaming as a profession

Just writing some poems. No pics, no GIFs, no vids. Keeping it simple.

Pee Kay

voice_of_the_pen

The Broken Specs

Here's To Express.. :)

Indonesia Labour Database

Knowledge is Power

Light Play ~ Revitalize

we are fish that play in a sea of light

Cooking

recipes, tips & ideas

Simplify Tasks

Want to learn the simple way?

myvvoice

Escaping reality or facing reality.

The BELOVED

Our hearts are home, secured in God's Love. Find Hope and Encouragement in The LORD, The HOLY BELOVED.

thoughts and entanglements

A collective of poems and photos. All photos taken by me unless stated otherwise.

Rusted Honey

Poetry, haiku, tanka, and micropoetry

OwnShadow

Looking for people to share the written word

Madamsabi's Blog

Coffee For The Mind, inspiration for the soul!

unbolt me

the literary asylum

THE RIVER WALK

Daily Thoughts and Meditations as we journey together with our Lord.

Inner Peace

True wealth is the wealth of the soul

Luna

Pen to paper.

(Metanoia)

Fan of GOD

The Art of Blogging

For bloggers who aspire to inspire

Verona

- Renee verona -

Bombay Ficus

Running, Writing, Real Life Experiences & Relatable Content.

Learning to write

Just your average PhD student using the internet to enhance their CV

a.mermaid'spen_

I rant and write ;)

New Lune

A blog full of tips, inspiration and freebies!

Belajar Numerik Al Quran

Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran? (Al Qamar 22, 32, 40)

chipping in

listen, and keep it clean

Shanmugam's Blog

Articles on Spirituality. Psychology, Mindfulness, Spiritual Enlightenment & a Collection of my Poems.

niaART

If you are always trying to be normal, you will never know how amazing YOU can be. Maya Angelou

WordPress.com Apps

Apps for any screen

Poetry and Prose

From soul to soul

Eden Hills

My Life on the Farm

Mlathi Wulung

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

Dread Poets Sobriety

Irreverence's Glittering New Low!

Asosiasi Mahasiswa Pecinta Literasi

Nge-literasi atau terjajah selama-lamanya?

Alifis@Corner

Apa adanya, selaraskan akal dan hati

bibilintikan

just a little nod in the ocean

Chez Lorraine

A journal of an Indonesian in The Netherlands

%d bloggers like this: