DULU SEKARANG

DULU SEKARANG

Ada seorang murid

Yang tiap hari dilontari tebakan oleh gurunya

Maka belajar ia tiada henti.

Menghapal

Supaya bisa menjawab pertanyaan suhu.

Bicaranya seperti rekaman ensiklopedia audio

Yang membuat orang terjatuh rahangnya karena terpana.

Lalu diluluskannya murid itu

Menjadi guru ia

Yang menjawab pertanyaan barisan pasukan mau tahu

Bersenjatakan pertanyaan.

Lama, lama, lama…

Guru muda jenuh

Karena ilmunya sungguh beku

Tak cair

Apalagi bertumbuh.

Kemudian dia belajar bertanya

Karena konon semakin ia cerdas bertanya

Maka cerdas juga jawaban yang ia tuai.

Namun jawaban telah membingungkannya

Membuatnya berputar-putar

Bak keledai di penggilingan gandum.

Rasa lelahnya mencapai atap dunia

Yang jika tertembus tak bisa lagi ia pulang.

Maka

Sekarang

Diputuskannya

Untuk diam

Karena

Dalam diam

Ia

Menghargai jawabnya.

11 Januari 2010 – Barito

24 thoughts on “DULU SEKARANG

  1. penuhcinta said: Walah…..kok ketemu sama Gotrek malah di sini ya? Jangan2 kenal sama Yayah juga nih.Rike…lam kenal ya. Salam cubit buat Yayah..hi..hi.

    Ya’olohhhh… ketemune ya karo mBak Irma juga taa…..mBak Rike numpang omahe diluk yaaa, nuwunn…. 🙂

    Like

  2. ohtrie said: Ya’olohhhh… ketemune ya karo mBak Irma juga taa…..mBak Rike numpang omahe diluk yaaa, nuwunn…. 🙂

    Ha…ha….ha…makanya…kok ya bisa ketemu di sini. Rike…mangap yaaa…jd ngobrol di rmmu nih. Gotrek mbok ya mampir ke tempatku wae…sowan gitu sambil bawa menyan.

    Like

  3. penuhcinta said: Ha…ha….ha…makanya…kok ya bisa ketemu di sini. Rike…mangap yaaa…jd ngobrol di rmmu nih. Gotrek mbok ya mampir ke tempatku wae…sowan gitu sambil bawa menyan.

    sik sik mBakkk….kulakan menyan sik yaaa…….ambil truk achhh….:)

    Like

  4. penuhcinta said: Iya…sohibku banget itu Yayah. Paling top deh…baik banget.

    weleh, kalau Mbak Yayah itu aku yo kenal… dia emang baik, suka bawa makanan ke kantor he he he… tapi ketokane Mas Utroq gak kenal sama Mbak Yayah. lha dikau kenal Mas Utroq dimana, Mbak Ir?

    Like

  5. rikejokanan said: weleh, kalau Mbak Yayah itu aku yo kenal… dia emang baik, suka bawa makanan ke kantor he he he… tapi ketokane Mas Utroq gak kenal sama Mbak Yayah. lha dikau kenal Mas Utroq dimana, Mbak Ir?

    Yawis ntar kapan kapan kenalin ya mBak Rikeee…Kantor mana nich….? Ato dirumah Pengayoman aja mBak..? hihihi….Loh lah aku nggak pake kenalanje ama mBak Irma tuh….. tahu tahu kebawa mimpi trus waktu bangunh tidur dah ada didepan mata….. :)Ku sendiri juga lupa pertama kali kenalan ama mBak Rike itu juga dimana…… (eh kita dah kenalan lum sih mBak Rike…?) kabuuuuuuuurrrr…….. :))

    Like

  6. ohtrie said: Yawis ntar kapan kapan kenalin ya mBak Rikeee…Kantor mana nich….? Ato dirumah Pengayoman aja mBak..? hihihi….Loh lah aku nggak pake kenalanje ama mBak Irma tuh….. tahu tahu kebawa mimpi trus waktu bangunh tidur dah ada didepan mata….. :)Ku sendiri juga lupa pertama kali kenalan ama mBak Rike itu juga dimana…… (eh kita dah kenalan lum sih mBak Rike…?) kabuuuuuuuurrrr…….. :))

    Mudah2an mimpinya bukan mimpi horor yaaa Trek…(manggilnya piye iki?)Rike cah ayu, aku tuh beneran gak pernah kenalan sama Gotrek…tahu2 dia ngikut aja pas aku pulang dr pasar…hi…hi..hi.

    Like

  7. penuhcinta said: Mudah2an mimpinya bukan mimpi horor yaaa Trek…(manggilnya piye iki?)Rike cah ayu, aku tuh beneran gak pernah kenalan sama Gotrek…tahu2 dia ngikut aja pas aku pulang dr pasar…hi…hi..hi.

    seterah mBak mo manggil apa aja, syaratnya cuma satu adanilai keakraban syukur2 persaudaraan antara kita…. (ce’ileeehhhhhh.. hihiihiii)Wekssss…bwahahahahhaa, itu tuh kebawa jadi satu ama tas belanjaan ikan teri di tentengan mBakkk….:)) LoL… maztrie™ like this

    Like

  8. ohtrie said: seterah mBak mo manggil apa aja, syaratnya cuma satu adanilai keakraban syukur2 persaudaraan

    Ha…ha…ha…jempol bawaan dr mana tuh Trek? Makasih yo. Ijo2nya juga bole dong.Iya…kamu kebawa satu tas sama ikan teri yaaa? Miripkahh? Hi..hi..hi.

    Like

  9. penuhcinta said: Ha…ha…ha…jempol bawaan dr mana tuh Trek? Makasih yo. Ijo2nya juga bole dong.Iya…kamu kebawa satu tas sama ikan teri yaaa? Miripkahh? Hi..hi..hi.

    Jempol turun dari langit mBakkkkk, hihihi….Loh ijo ijo yang mana ya mBak…? (telmi mode on)Yups bener banget mBak, barengan ama belanjaan ikan terinya mBak Irma tuh, hihihi… silahkan ceklik aja link maztrie™ itu, thanks ya mBak

    Like

  10. ohtrie said: Yawis ntar kapan kapan kenalin ya mBak Rikeee…Kantor mana nich….? Ato dirumah Pengayoman aja mBak..? hihihi….Loh lah aku nggak pake kenalanje ama mBak Irma tuh….. tahu tahu kebawa mimpi trus waktu bangunh tidur dah ada didepan mata….. :)Ku sendiri juga lupa pertama kali kenalan ama mBak Rike itu juga dimana…… (eh kita dah kenalan lum sih mBak Rike…?) kabuuuuuuuurrrr…….. :))

    hobimu ki kenalan yo, Mas. jiaaannnn tipikal tahun angkatan 90-an ha ha ha…lho aku kan wis ora ning Pengayoman meneh, aku wis pindah nang Cipondoh. omahku cilik di kampung saiki he he he….

    Like

  11. penuhcinta said: Mudah2an mimpinya bukan mimpi horor yaaa Trek…(manggilnya piye iki?)Rike cah ayu, aku tuh beneran gak pernah kenalan sama Gotrek…tahu2 dia ngikut aja pas aku pulang dr pasar…hi…hi..hi.

    lha dia itu orangnya ramah banget, semanak, nyeduluri, ntar kalau kita repot tinggal minta tolong buat sambatan aja, Mbak Irma… suruh angkat-angkat aja pasti mau.

    Like

  12. rikejokanan said: hobimu ki kenalan yo, Mas. jiaaannnn tipikal tahun angkatan 90-an ha ha ha…lho aku kan wis ora ning Pengayoman meneh, aku wis pindah nang Cipondoh. omahku cilik di kampung saiki he he he….

    Loh Cipondoh mBak…?sebelah ana…? deket ama mBak ReRamadhan enggak…?Alam Raya…? P&K…?Banjar…?atau malah cuma Gang Jamblang situ…?

    Like

  13. rikejokanan said: lha dia itu orangnya ramah banget, semanak, nyeduluri, ntar kalau kita repot tinggal minta tolong buat sambatan aja, Mbak Irma… suruh angkat-angkat aja pasti mau.

    Ke, sebagian kata2mu aku cuma bisa menebak2…tapi intinya memang Trie ini ringan tangan, ramah dan rajin menabung ya? (maaf…gak lulus Bahasa Jawa 101)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s