January 24, 2011
rike jokanan

no comments

CUKUR TERMAHAL

CUKUR TERMAHAL

Rambut tidak rapi adalah trademark terakhir yang selalu muncul di cermin ketika saya ngaca. Bukan karena saya jelek lho… J Hanya potongan rambut saya saja yang tidak bagus lantaran saya cekrik (gunting, bahasa Jawa) sendiri ketika saya migraine berat dan tidak mau mengonsumsi obat pabrik pada malam itu.

Tidak ada satu pun salon yang ingin saya kunjungi karena saya tidak mau rambut ini makin jelek sehingga tampilan menyeluruh makin amburadul. Maka biarkan saja, apa adanya alias tak bermodel.

Seminggu yang lalu saya mengunjungi seorang kerabat di Semarang sebagai bonus akhir pekan tugas lapangan. Mbak Yayuk, sepupu ipar bagi saya, membuka salon tetapi beberapa tahun ini dia hanya sibuk melayani paes manten (riasan pengantin, Bahasa Jawa) jadi alat-alat yang berhubungan dengan urusan rambut tidak terlalu menjadi perhatiannya.

“Mbak Yuk, potongin rambutku dong. Ini nggak rapi soale tak potong dhewe.”

“Lhah aku udah lama ndhak motong rambut lho, wuk piye?”

“Gak papa lah… asal nggak brondhol wae.”

“Yo wis, bismillah wae yo..”

Akhirnya setelah satu jaman (jaman batu apa jaman es ya?) lebih kepala saya dikerjain Mbak Yayuk, terciptalah sebuah kepala yang kalau dari jauh mirip Conny Dio tapi kalau dari dekat mirip Detective Conan. Kata yang motong rambut saya jadi kelihatan lebih segar dan cantik.

“Coba kalau kamu ndhak main kesini, kamu pasti masih berantakan to yo wuk? Arep nyalon wae kok ndadak ngenteni tekan Semarang…,” candanya.

Silaturahmi membawa berkah. Tapi jelas ini cukur rambut termahal buat saya. Matur nuwun, Mbak Yayuk atas cukurannya… Matur nuwun, kantorku atas tiket gratisnya…

Bandara Ahmad Yani, Semarang

21 Januari 2011 – 5:00 sore

Leave a Reply

Required fields are marked *.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: