NAMA ANDA, PANGGILAN ANDA?

NAMA ANDA, PANGGILAN ANDA?

Ngobrol-ngobrol sama Mbak Shafa eh eh Mbak Indah ibune Shafa, saya dapat ide yang menyegarkan sekaligus menggetarkan karena mengingatkan kepada sesuatu yang bisa saja membuat orang tua merasa menyesal memberikan nama sampai mikir pusing-pusing. Ide itu datangnya dari nama seseorang yang tak terpakai gara-gara sekarang dia dipanggil Tampah.

Saya yakin Anda semua memiliki nama yang tak kalah hebat artinya dibanding orang-orang yang dianggap hebat di dunia ini. Contohnya: Soekarno artinya “telinga yang bagus” alias “pendengaran yang bagus”. Nama sebagus itu tak dipakai sejak kecil untuk memanggil pemilik nama; sebagai nama awal dan nama panggilannya adalah Kusno. Masih bagus karena Kusno dari kata Husna berarti bagus.

Berikut contoh nama indah yang tak terpakai dalam pergaulan dan penggantinya.

NAMA ASLI

NAMA PANGGILAN

ARTI PANGGILAN

Sushi Hariati Widiastuti

O’ok

Ikhwan

Geyong

Menggantung (bibirnya)

Nining Catur Utami

Cekot

Cacat tangannya

Windarti

Kicak

Makanan dari singkong

Siti Masruroh

Bekecot (Kecot)

Siput

Indra

Kancut

Celana dalam

Sapto Wibowo

Mbot

Abas Hassan

Wedhus

Kambing

Pristiawan

Emprit

Burung kecil

Wahyudi Wibowo

Botak

Tanpa rambut

Dieta Maharitza

Tonggos

Maju giginya

Mahendra Wardhani

Nonong

Jenong dahinya

Retno Kelasworo Subijanto

Ninol

Kartun di majalah Hai

Yogi Permadi

Siran

Nama orang gila

Sukardi

Ndendo

Bodoh

Puji Astutik

Timbul

Gendut

Haryadi

Bothok

Masakan Jawa

Eka Susanti

Tomblok

Wadah dari anyaman bambu

Tatag Heru Rudhata

Pereng

Hitam

Yudianto Tanu Wijaya

Katul

Bekatul (ortunya bos bekatul)

Silakan ingat-ingat apakah Anda punya teman yang nama aslinya Anda lupakan dan hanya Anda ingat nama panggilannya? Saya jadi malu karena sebenarnya saya masih ingat sekitar selusin nama panggilan dan wajah teman-teman itu tanpa ingat nama pemberian dari orang tua mereka. Jangan-jangan mereka juga mengenang wajah saya dengan nametag wadanan (nama panggilan dengan tujuan olok-olok, Bahasa Jawa) saya.

Hidup ini serasa seperti OSPEK, kita dipanggil dengan nama yang tidak kita kehendaki kehadirannya. Ada rasa malu, rasa minder tapi kemudian timbul rasa bangga karena nama itu membuat kita eksis diantara sahabat yang ternyata tak pernah lupa menyayangi kita dengan atau tanpa nama yang punya arti tinggi sebagai doa orang tua kita. Saya berharap semoga arena OSPEK ini membuat kita benar-benar lulus ujian mental dalam kehidupan sosial yang jauh lebih “menguji” daripada sekedar memberikan nama buruk sebagai olok-olok untuk kita.

PS:

Nama-nama tersebut diatas saya comot tanpa ijin pemiliknya tapi saya akan segera menyampaikan maaf sebesar-besarnya kepada mereka karena telah membuat mereka terkenal dengan cara yang tak beradab dan mungkin akan mempengaruhi nama baik mereka. J

October 19, 2008 – 1:11am

72 thoughts on “NAMA ANDA, PANGGILAN ANDA?

Leave a comment